Dikbud Sultra Terapkan Aplikasi Si-Epan Cerdas

Keterangan Gambar : Asrun Lio

Potretsultra

KENDARILebih meningkatkan kinerja instasi pemerintahan dalam hal penanda tanganan surat yang akan di disposisi dalam wilayah kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),menggagas terobosan inovasi baru yakni menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Persuratan Eletronik Perkantoran (Si-Epan).

Plt Kepala Dinas Dikbud Sultra,Drs Asrun Lio Mhum,PhD mengatakan sistem Si Epan muncul berangkat dari pengalaman selama menyelesaikan pekerjaan.Ketika ada perjalanan dinas diluar ataupun rapat diluar seperti berangkat di Jakarta surat tersebut secara otomatis belum disposisi sebelum berada ditempat,akhirnya berkas tertumpuk dimejanya.

“Setelah adanya aplikasi Si Epan Cerdas cukup terbantu,tidak lagi menunggu disposisi saya sampai berada dikantor tapi cukup membuka login aplikasi Si Epan dengan mencari loging pimpinan,Semua surat yang masuk akan terlihat, tinggal saya melakukan disposisi kepada bidang berwenang untuk dipelajari dan ditindak lanjuti,”ungkap Asrun Lio, saat ditemui diruang kerjanya,Rabu (17/7/2019).

Asrun Lio mengatakan awal menggagas inovasi baru ini berangkat dari pengalaman sebelumnya,sering tertumpuk dengan banyaknya bundel yang harus ditandatangani.Jadi upaya mengatasi masalah tersebut,lansung berkonsultasi dengan pihak IT dan melibatkan tim kerja staffnya bagaimana cara menangani tumpukan bundel yang menumpuk tanpa harus berada ditempat.

“Dengan adanya Si EPAN,ini saya bisa melakukan disposisi surat baik saya berada dikantor gubernur maupun dimana saja saya bisa melakukan disposisi surat itu kebawahan.Begitu ada surat masuk staf saya menscaning lalu memasukan kesistem.

Setelah dinotifikasi lansung masuk kemobile saya.Setelah itu masuk di web aplikasi si Epain untuk mengecek surat tersebut dengan menggunakan Loging¬† sebagai pimpinan,”jelasnya.

Potretsultra

Program aplikasi berbasis IT sambung Asrun Lio,memang sederhana tetapi dampaknya lebih besar mempermudah Tugas-tugas kantor.

LM Salihin

Sementara itu Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra Dr LM Salihin,menuturkan,sangat mengapresiasi dan mendukung program inovasi baru oleh Kadikbud Sultra.Dengan adanya aplikasi si Epan sangat terbantu dalam meningkatkan kinerjanya dalam hal disposisi surat menyurat yang masuk dimejanya.

Solihin menyakini semua kantor akan mengalalami masalah yang sama soal tumpukan berkas surat yang harus disposisi,namun adanya aplikasi si Epan akan lebih mudah menyelesaikan tugas meskipun kita masih menjalankan tugas diluar.

Intinya sambung Salihin,aplikasi ini cara kerjanya untuk mengefisienkan penandatanganan surat yang akan di Disposisikan.Dimana dalam aplikasi ini, terdapat didalamnya registrasi surat menyurat dengan cara discan dan jadi file surat melalui pdf yang dihubungkan dengan hp dan notifikasi tinggal masuk diaplikasi.

“Lebih mempermudah kinerja kalau sewaktu-waktu ada kunjungan keluar serta bisa menyelesaikan pekerjaan kantor,”tukasnya.

Perlu diketahui pengenalan aplikasi (Si-Epan) Cerdas dilingkup perkantoran Dikbud Sultra,telah dilaunching sejak minggu lalu yakni sekitar tanggal 8 Juli 2019.

Laporan:La Ismeid

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *