Cerita Inspirasi Anak Petani yang Bisa Kuliah Berkat Beasiswa Wawonii Cerdas

Keterangan Gambar : Mahasiswa Konkep, Jarman

KONAWE KEPULAUAN – Beasiswa Wawonii Cerdas ternyata bukan sekedar terealisasinya program belaka, namun banyak inspirasi yang muncul berkat beasiswa yang diinisiasi Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) itu.

Diantaranya beasiswa yang dipelopori Bupati Amrullah dan Wakil Bupati Andi Muhammad Lutfi ini telah menginspirasi sejumlah anak petani Wawonii yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dari jenjang S1 hingga ke jenjang S3 atau program doktoral.

Jarman, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) yang bisa melanjutkan pendidikan S-1 jurusan agribisnis berkat adanya program Beasiswa Wawonii Cerdas. Terlahir dari keluarga yang berprofesi sebagai petani yang memiliki keterbatasan ekonomi, setelah menamatkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kendari atau STM tahun 2017 lalu, Jarman hampir saja putus pengharapannya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal ini karena kondisi perekonomian yang kurang mencukupi untuk melanjutkan pendidikan. Apalagi sejak duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar, ia harus ditinggalkan ibu tercinta dan sang ayah menikah lagi.

 “Tahun 2010 orang tua saya meninggal saat itu saya masih kelas enam SD. Kemudian bapak saya menikah lagi. Sementara saya harus tinggal bersama nenek,” cerita Jarman dengan mata berkaca-kaca saat menghadiri Kampanye Amrullah – Andi Lutfi di Desa Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara beberapa waktu lalu.

Untung saja saat itu, Pemda Konkep yang dinahkodai Amrullah – Andi Lutfi memprogramkan Beasiswa Wawonii Cerdas. Sehingga kondisi keterbatasan ekonomi bukan lagi menjadi penghalang untuk mengejar cita-cita dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Saat itu, niat saya untuk kuliah diurungkan tapi ada yang membuat semangat saya bangkit kembali untuk melanjutkan sekolah yaitu karena adanya program beasiswa Wawonii Cerdas yang diprogramkan oleh Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM,” jelas Jarman yang kini sedang diamanahi sebagai Ketua BEM Fakultas Pertanian UMK.

Andaikan saja, lanjut Jarman, Pemda Konkep tidak menggelontorkan beasiswa untuk membiayai putra-putri untuk melanjutkan kuliah maka banyak generasi Wawonii harus pupus harapan karena kondisi keterbatasan ekonomi. Begitupun dengan Jarman, mungkin akan ikut kapal ikan merantau mencari nafkah.

“Andaikan tidak ada program beasiswa ini mungkin saya sudah akan jadi nelayan. Ikut kapal rawe mencari nafkah untuk menghidupi keluarga,” ucap jarman yang membuat para hadirin meneteskan air mata dan para simpatisan BerAMAL jilid 2 berteriak ‘Lanjutkan 2 Periode’.

Olehnya itu, Jarman mengajak seluruh warga Konkep terkhusus Mosolo Raya untuk tetap mempertahankan kepemimpinan Amrullah – Andi Muhammad Lutfi agar melanjutkan 2 periode. Karena keduanya telah berhasil menginspirasi anak-anak muda Konkep untuk melanjutkan pendidikan dari jenjang S1 hingga ke jenjang S3.

“Tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak melanjutkan kepemimpinan Pak Amrullah dan Andi Muhammad Lutfi, karena beliau melangkah dengan bukti buka sekedar janji belaka, saya mengajak mari kita beramal di 9 Desember 2020 nanti,” tutupnya.

Laporan: Jubirman

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *