Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, Dinas Pertanian Konkep Vaksin Ratusan Ternak

Keterangan Gambar : Salah Satu Hewan Ternak Sapi yang Divaksin di Kecamatan Wawonii Tengah (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Vaksinasi merupakan bagian dari langkah dan upaya dalam rangka memutus rantai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penyakin ini sering menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya.

Olehnya itu, Pemerintah Dserah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pertanian terus melakukan vaksinasi hewan ternak.

Menurut Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Konkep, Udin bahwa vaksinasi terhadap hewan ternak khususnya sapi, tak lepas dari merajalelanya kasus PMK di Indonesia, tak terkecuali di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Upaya vaksinasi ini sebagai upaya untuk ¬†memutus rantai penyebaran penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba dan beberapa hewan ternak yang yang ada di Konawe Kepulauan,” ujar Udin, Senin (31/0)7/2023) Kemarin.

Upaya ini, lanjut Udin, merupakan salah satu bagian dari komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan.

“Upaya ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah untuk mewujudkan visi misi dari bapak Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan,” tambahnya.

Sementara itu, Kordinator Pencegahan PMK Konkep, drh. Jeni Yunita menjelaskan, pihaknya menargetkan agar vaksinasi Konkep secara nasional pada tahun 2023 ini dapat mencapai 2.800 vaksinasi.

“Sampai saat ini kami telah menyasar 750 ternak dari tujuh kecamatan se Konkep,” bebernya.

Dari target tersebut, drh. Jeni menyebut masih sangat rendah. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran peternak yang belum memahami terkait pentingnya pencegahan penyakit PMK di Kabupaten Konawe Kepulauan ini.

Laporan: Jarman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *