Cara Ketua APDESI Sultra Tasman Memaknai Hari Pahlawan

Keterangan Gambar : Ketua APDESI Sultra, H Tasman. Foto: Aden

POTRETSULTRA.COM – 10 November menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia. Di tanggal ini merupakan peringatan hari besar yang menjadi tonggak sejarah untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan yang telah berjasa mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan.

Seperti dikutip dari Ir Soekarno “Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Pahlawannya”. Sebagai bagian dari Indonesia tentu tugas kita untuk meneruskan perjuangan pahlawan yang mendahului kita guna mempertahankan kemerdekaan di era yang berbeda yakni di era digital ini.

Sebagai abdi desa, perangkat desa memiliki pengaruh yang cukup signifikan di masyarakat. Dimana desa merupakan lingkup sosial terkecil di masyarakat. Begitu pula yang disampikan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sultra, H Tasman.

Kata Tasman, peran perangkat desa di Hari Pahlawan yakni sebagai motivator dan penggerak dalam mengingatkan kembali generasi muda terhadap sejarah para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

“Sudahkah kita berkontribusi terhadap negeri ini? Seperti mereka yang mendahului kita berkontribusi sebagai pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa ini,” papar Tasman yang juga Kepala Desa Kedungprahu di Kabupaten Kolaka.

“Mengajak masyarakat dalam mengisi kemerdekaan. Karena menuju kemajuan diperlukan perjuangan keras dan terarah. Mengingat negeri kita masih tertinggal dengan negara lain,” terangnya melanjutkan.

Kata dia, masyarakat harus mengetahui bahwa memulihkan kehidupan pasca pandemi COVID-19 juga butuh perjuangan keras.

Diharapkan pula agar bisa hidup normal kembali dan berjuang di tengah pandemi COVID-19 dengan berbagai upaya.

“Salah satunya dengan vaksin atau memperkuat sistem imun (daya tahan tubuh) serta menjauhi berbagai penyebab penularan. Kita harus melakukan transformasi gaya hidup dan menjadi pribadi lebih baik setelah normal nanti,” bebernya.

“Terlebih tugas utama perangkat desa sendiri yakni mengayomi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat desa,” pungkasnya.

Laporan: Aden

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *