Cak Imin: Pilkades Konsel Hindari Provokasi dan Adu Domba

Keterangan Gambar : Akmad Muhaimin

KONSEL Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dari Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura), Akhmad Muhaimin, berjanji siap mengawal proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Konsel  khususnya di Kecamatan Andoolo Barat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tinggal menghitung hari  lagi bakal dilaksanakan. 

Muhaimin yang kerap dipanggil sapaan cak imin ini berharap, konstetasi Pilkades Konsel kedepankan demokrasi yang sehat, kepada para pemuda-pemudi baik dari kalangan mahasiswa dan tim sukses jangan sampai ada yang terprovokasi dengan hal-hal yang sifatnya fitnah adu domba dan hoaks. Karena tindakan tersebut katanya, dapat merusak tatananan persaudaraan dan bisa merusak silaturahmi terhadap sesama.

“Kita harapkan bersama visi dan misi yang akan disampaikan kepala desa yang terpilih nantinya bisa memperjuangkan kesejateraan rakyat,” jelas Muhaimin melalui WhatsAppnya, Senin (23/12/2019).

Kata dia, sebagai wakil rakyat pun akan selalu terus mengawal kontestasi demokrasi Desa Mataupe sampai siapa yang akan terpilih nanti. Dia berpesan, siapa pun kepala desa yang terpilih nanti, hendaknya paham tugas dan wewenangnya sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014, dan pasal-pasal yang ada di dalamnya, seperti pasal 23 dan pasal 25 UU Nomor 6 Tahun 2014, serta pasal 26 ayat 1 UU Desa tentang tugas-tugas yang harus dilakukan kepala desa.

Lanjutnya mengutarakan, banyak hal-hal poin penting yang perlu diperhatikan oleh kades yang akan terpilih, seperti melakukan inovasi program-program desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melakukan pelatihan UMKM agar menambah pendapatan asli desa dan masyarakatnya, dan masih banyak lagi PR bagi kades yang terpilih.

Pria yang sederhana dan bersahaja ini, menambahkan perlu diketahui bahwa Desa Mataupe dan desa-desa lain yang ada di Konsel memiliki banyak potensi yang bagus untuk membangun desa ke arah yang maju dan lebih baik, seperti sumber daya alam (SDA) yaitu kurang lebih 50% penghasilan dari masyarakat adalah dari sektor pertanian dan perkebunan.

Bukan hanya itu sambungnya sumber daya manusia (SDM) yang kali ini dalam lingkup masyarakat Desa mataupe dan desa lain.

“Saya rasa banyak sekali yang memiliki potensi tinggi,baik dari softskills dan hardskills. Harusnya kepala desa serta perangkat desa dapat melihat itu, dan melakukan upaya revitalisasi masyarakat melalui kebijakan ataupun kegiatan masyarakat,” tukasnya.

“Marilah kita rogrong persatuan dan kesatuan tetap menjaga keamanan, ketentraman dan perdamaian,” sambungnya.

Siapapun Kades  yang terpilih nantinya, lanjutnya, fokusnya dapat memajukan desa kita melalui program fisik dan dan non fisik serta pemberdayaan masyarakat desa.

“Ini sesuai misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konsel.Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya.

Laporan: La Ismeid

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *