Bupati Butur Diminta Naikkan Gaji Kades dan Perangkatnya

Keterangan Gambar :

BURANGA – Forum pemerhati Desa Kalibu menggelar aksi di depan Sekretariat Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur), Rabu (15/08/2018).

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Kasno Awal Doi, unjuk rasa ini bertujuan meminta kenaikan gaji kepala desa dan perangkat desa agar optimalnya pelayanan terhadap masyarakat desa.

“Kami meminta Bupati Butur dan Kepala DPMD untuk menaikan penghasilan Aparatur Pemerintah Desa dan BPD sesuai PP 47/2015,” ungkap Kasno.

Kata Kasno, sesuai dengan fenomena yang terjadi di tatanan pemerintah desa dan masyarakat desa bahwa solusi dalam meningkatkan pelayanan desa yaitu dengan menaikan gaji kepala desa dan perangkat desanya. Hal ini demi optimalnya pelayanan terhadap masyarakat desa.

“Selain itu juga agar kualitas pelayanan serta meminimalisir adanya potensi penyalagunaan anggaran ADD dan DD,” jelasnya.

Lanjut Kasno, dengan naiknya gaji Kades dan perangkatnya itu tentu sudah tidak ada alasan bagi perangkat desa yang tidak mau berkantor.

“Ini demi pelayanan optimal di masyarakat sehingga aparatur desa tetap berkantor maka perlu kenaikan upah gaji,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Buton Utara Abu Hasan saat menanggapi aspirasi masa aksi itu menjelaskan, untuk kenaikan gaji kepala desa dan aparatur desa berdasarkan volume kinerja desanya.

“kita akan mengevaluasi kinerja desa sehingga ada landasan untuk menaikan gaji kepala desa dan aparatur desa yang ada,” tegas Abu Hasan.

Lanjut Abu hasan, dirinya juga menyampaikan agar Bumdes setiap desa dapat diaktifkan sehingga tingkat kesejahteraan desa bisa dipenuhi. Sebab Bumdes di setiap desa terkadang belum di maksimalkan dengan baik.

Laporan: Haslin
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *