Resmi Dibentuk, Bumdes Desa Lagundi Siap Sejahterakan Ekonomi Masyarakat

Keterangan Gambar :

BURANGA – Badan Usaha Milik Desa BUMDes Desa Lagundi Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) resmi dibentuk pada Selasa (14/08/2018).

Dihadiri unsur pemerintahan desa, BPD, dan elemen masyarakat, forum tertinggi masyarakat desa itu menyepakati pembentukan BUMdes yang dinamai BUMdes Pasara Jaya.

Musyawarah desa yang diselenggarakan di Balai Desa Lagundi ini turut pula dihadiri Tim Pendamping Tekhnik, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, dan beberapa personel dari pengurus BUMDes Waode Buri sekaligus pendamping desa dari kabupaten.

Usai pembentukan BUMdes ini, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, Aswin Syafiuddin mengatakan, Desa Lagundi adalah salah satu dari sekian desa di Kecamatan Kambowa yang belum memiliki desa.

“Semoga Desa Lagundi yang menjadi desa terakhir membentuk BUMDes ini bisa benar-benar menemukan program unggulan desanya yang akhirnya bisa menggenjot nilai ekonomi masyarakat desa dengan menghindari tindakan-tindakan pengelolaan yang tidak profesional,” terang Aswin.

Lebih lanjut, lelaki bertubuh bongsor ini berharap lebih pada BUMDes Desa Lagundi dengan capaian tertinggi.

“Meski menjadi terakhir yang dibentuk, BUMDes desa ini semoga dapat menjadi BUMDes dengan capaian tertinggi dan dapat menjadi BUMDes dengan peringkat pertama,” tuturnya.

Usai terpilih kepengurusan selama 3 tahun itu, Sekretaris BUMDes terpilih, Peni Saputra berharap BUMDes Desa Lagundi bisa menjadi wadah yang dapat menjembatani situasi-situasi ekonomi yang pelik yang terjadi di masyarakat Desa Lagundi.

“Kami bersama pengurus yang lain memiliki harapan besar melalui BUMDes ini dapat membantu masyarakat Desa Lagundi yang mayoritas sebagai petani untuk dapat memasarkan hasil-hasil tani dan kebun mereka,” harapnya.

Tambah Peni Saputra, pihaknya juga akan memetakan Program Unggulan Desa (Prudes) yang diharapkan dapat menggenjot ekonomi desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lagundi pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Butur pada umumnya,” tutupnya.

Laporan: Haslin
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *