Bawaslu: Jika Ada yang ‘Main Mata’ di Pilkada, Maka Laporkan!

Keterangan Gambar : Ketua Bawaslu RI, Abhan (Sumber: Bawaslu.go.id)

WONOGIRI – Partisipasi masyarakat dalam penyelanggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang sangat dibutuhkan.

Hal ini dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk mengawasi kinerja penyelenggara Pemilu dalam menjalankan tugasnya pada Pilkada Serentak 2020.

“Kami ajak masyarakat untuk sama-sama menciptakan tahapan penyelenggara pemilu yang punya integritas tinggi,” ucapnya ucapnya dalam acara Sosialisasi Tatap Muka Kepada Kelompok Masyarakat Rentan di Wuryorejo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Minggu (3/11/2019) lalu seperti dikutip dari Bawaslu.go.id.

Abhan meminta masyarakat untuk tidak takut untuk melaporkan jika ada penyelenggara Pemilu seperti Bawaslu dan KPU yang ‘main mata’ dengan salah satu peserta Pilkada. Jika ditemukan ada yang tidak independen, Abhan meminta masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan hal itu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kalau ada penyelenggara (pemilu) yang ‘main mata’ dengan peserta Pemilu, laporkan saja! Supaya tidak menciderai tahapan pilkada,” tegasnya.

Partisipasi masyarakat, kata Abhan, dinilai sangat bermanfaat. Karena kinerja Bawaslu pada Pemilu 2019 lalu tidak akan cemerlang tanpa partisipasi masyarakat. Pada Pileg 17 April 2019 yang lalu, ungkap Abhan, Bawaslu banyak menerima laporan dari masyarakat terkait persoalan yang terjadi di TPS sampai kepada penyelenggara pemilu yang tidak independen.

“Bawaslu tidak ada artiya tanpa ada dukungan dari masyarakat. Kesuksesan pesta demokrasi tidak lepas dari partisipasi masyarakat,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *