APTS Bersinergi Pemerintah Bakal Buka Jurusan Dunia Pertambangan Yang Kompeten

Keterangan Gambar : Ilustrasi

KENDARI – Kehadiran lembaga Asosiasi Pengusaha Tambang Sultra (APTS) kian menunjukan kiprahnya untuk meningkatkan Sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional. Kiprah tersebut akan diwujudkanya menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari yang menyiapkan SDM yang langsung siap kerja dan tentunya bersertifikat.

“APTS bekomitment akan bersinergi dengan BLK untuk membuka jurusan-jurusan yang kompeten dengan dunia pertambangan guna meningkatkan kualitas SDM ,” ujar Ketua APTS Sultra, Andi Adi Aksar, Rabu (19/2/2020).

Andi Adi Aksar bilang tenaga-tenaga yang diserap nantinya dapat disiapkan dengan standar K3 dari BLK sehingga mereka dapat menjadi tenaga terampil di dunia pertambangan.

Perlu diketahui daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat kaya akan Sumber Daya Alamnya yang begitu melimpah. Dalam mengelola itu semua, Pemerintah Sultra membuka keran investasi bagi para investor khususnya perusahaan-perusahaan tambang.

Harapan pemerintah tentu dengan masuknya investor dapat mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti dengan terciptanya lapangan kerja bagi banyak masyarakat Sultra.

Namun, peluang kesempatan kerja yang begitu besar dari hadirnya investor di Bumi Anoa belum dapat diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Sultra. Mayoritas masyarakat sultra masih minim dalam skil dan kemampuan untuk dapat masuk kedalam dunia pertambangan.

Dibutuhkan solusi yang dapat mengatasi kekurangan SDM mumpuni dalam dunia pertambangan. Untuk itu Pemerintah haruslah bersinergi dengan para pelaku usaha pertambangan dalam menciptakan tenaga kerja yang handal, memiliki skill sehingga nantinya bersifat siap kerja.

Laporan: La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *