Akhirnya, Beasiswa Wawonii Cerdas Tahap 1 Cair Pekan Depan

Suasana Penyetoran Berkas Beasiswa Wawonii Cerdas (Foto: Jubirman)
Keterangan Gambar : Suasana Penyetoran Berkas Beasiswa Wawonii Cerdas (Foto: Jubirman)

KONKEP – Dana beasiswa Wawonii Cerdas dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk semester genap bakal kembali dicairkan.

Pengumuman nama-nama yang layak menerima beasiswa tersebut telah ditayangkan secara manual di papan informasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep pada Jumat (10/5/2019).

Soal keterlambatan pengumuman ini, Sekretaris penanggungjawab Wawonii Cerdas, Suhail mengaku hal tersebut disebabkan hal-hal teknis. Karena katanya, pencairan uang negara itu tidak ingin dilakukannya secara gegabah karena harus tersalurkan dengan baik kepada para penerima yang layak.

Dari 1.332 mahasiswa yang mendaftar secara online dan manual, lanjut Suhail, 93 pelamar harus dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat, diantaranya karena tidak memenuhi IPK seperti yang dipersyaratkan. Sehingga penerima yang layak mendapatkan bantuan itu hanya tersisa 1.239 nama mahasiswa.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Konkep itu juga menjelaskan, para penerima beasiswa Wawonii Cerdas harus mengambil surat rekomendasi sekaligus menandatangani surat pernyataan.

“Mulai Minggu depan silahkan ke kantor ambil surat rekomendasi pencairan. Nantinya surat ini ditunjukan ke Bank BPD untuk disalurkan dananya,” jelasnya.

Secara rinci, tambah Suhail, penerima beasiswa Pemda itu untuk jenjang DIII berjumlah 123 orang, DIV berjumlah 19 orang, S1 berjumlah 1.041 orang, Profesi 16 orang dan Magister 40 orang. Kata Suhail, penerima dari S1 jurusan
kesehatan umum Rp 3 juta, dokter Rp 5 juta, S1 jurusan umum Rp 2,5 juta dan magister Rp 7 juta.

“Untuk program doktor tidak ada pendaftarnya,” katanya.

“Jadi total anggaran untuk tahap satu ini yang dicairkan Rp 3.394.500.000. Selanjutnya untuk tahap dua menunggu semester selanjutnya,” tambahnya.

Laporan: Jubirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *