629 Warga Konkep Terima Kartu Keluarga Sejahtera

Keterangan Gambar : Suasana Pembagian KKS di Balai Desa Lamoluo Kecamatan Wawonii Barat

KONAWE KEPULAUAN – Sebanyak 629 warga yang tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Dalam pantauan Potretsultra.com pada Selasa (19/5/2020), pihak Bank dengan didampingi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Wawonii Barat nampak sedang membagikan KKS di Balai Desa Lamoluo. Sedangkan warga yang terdata sebagai penerima KKS nampak antre sesuai protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak dan memakai masker. Pembagian KKS ini telah dilakukan sejak 4 Mei lalu hingga 22 Mei 2020 nanti.

Koordinator Daerah Bantuan Sosial (Bansos) Sembako Kabupaten Konkep, Haryono menjelaskan, KKS yang dibagikannya itu adalah kartu KKS perluasaan untuk penerima Program bantuan sembako.

“Kartu KKS itu adalah kartu yang akan digunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat untuk melakukan transaksi BPNT atau Sembako, Data penerima berdasarkan data kementerian dan data bank ada 629 KPM yang menerima KKS Perluasan ,” ujar Haryono.

Haryono bilang, program ini adalah program perluasan sembako. Besar uang dalam kartu itu juga sama dengan besar uang yg diterima oleh KPM Sembako yang lain atau yang lebih duluan menerima Kartu KKS, yakni sebesar Rp 200 ribu. Penerima KKS ini merupakan perluasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama masa pandemi Virus Corona.

“Bantuan yang bakal diterima KPM ini bentuknya sembako, bukan uang tunai. Jadi banyaknya sembako yang akan diterima sesuai dengan nilai uang yang ada dalam kartu itu,” jelasnya.

Menurut Haryono, masyarakat yang mendapatkan KKS Perluasan bantuan sembako ini akan menerima bantuan Sembako hingga Desember 2020 mendatang.

“Untuk kelanjutan penerimaan bantuannya baik penerima KKS sebelumnya maupun KKS Perluasan ini kami masih menunggu kebijakan dari pusat yakni dari Kemensos,” terangnya.

“Ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Kami berharap bantuan ini dimanfaatan dengn sebaik-baiknya,” tutup Haryono.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *