Perangkat Desa di Lanobake Muna Dapat PKH, Warga Minta Kades dan Pendamping Diproses

Keterangan Gambar : Ilustrasi

KENDARI –  Forum Komunikasi Masyarakat (FKM) Batukara menyoroti penyaluran dana penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Lanobake, Kecamatan Batukara, Kabupaten Muna karena tidak tepat sasaran.

Pasalnya, diduga tiga orang perangkat Desa Lanobake tercatat dalam penerima manfaat PKH. Padahal, bantuan sosial tersebut hanya diperuntuntukan bagi masyarakat kurang mampu.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Batukara tidak ingin disebutkan namanya, AA mengatakan PKH diberikan kepada keluarga yang tidak mampu. Namun, di Desa Lanobake penerima PKH lebih diutamakan kepada aparat desa.

“Jabatan yang melekat pada dirinya perangkat desa, seharusnya tidak boleh masuk dalam penerina PKH,” ujarnya, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya bantuan PKH diperuntuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu. Sehingga tiga orang perangkat desa tersebut tidak layak menerima PKH, karena dinilai sudah mampu, atau tidak tergolong masyarakat yang berhak menerima PKH lagi.

“Tiga orang perangkat Desa Lanobake menikmati dana PKH sajak tahun 2016. Sedangkan fakta di lapangan masi banyak masyarakat Desa Lanobake yang hidup dibawa garis kemiskinan justru tidak tersentuh oleh dana PKH,” jelasnya.

AA mendesak agar perangkat desa yang dapat PKH mengundurkan diri secara sukarela. Ia mendesak Dinas Sosial Kabupaten Muna agar segera menginstruksikan pendamping PKH mencabut nama-nama aparatur desa yang telah diduga masuk dalam penerima PKH.

“Kami minta agar perangkat desa harus dikeluarkan dari daftar penerima PKH dan digantikan oleh masyarakat yang kurang mampu dan layak mendapatkan PKH. Hal ini benar-benar tindakan merugikan negara, olehnya itu mereka harus mendapatkan konsekuensi hukum sesuai dengan yang tertuang dalam undang-undng fakir miskin,” tegasnya.

“Pendamping PKH juga harus diproses terkait validasi data penerima PKH. Tidak hanya itu, perangkat desa yang dapat PKH merupakan keluarganya kepala desa,” pungkasnya.

Laporan:LAN

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *