6 SMP di Konkep Siap UNBK, Dikbud: 2020 Target Semua Sekolah

Ilustrasi
Keterangan Gambar : Ilustrasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) menyatakan diri siap mengikuti agenda nasional itu yang bakal digelar pada 22 April hingga 25 April 2019.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umar Ryadi. Menurutnya, Dikbud Konkep siap menyelanggarakan UNBK perdana di beberapa SMP di Konkep. Karena di tahun sebelumnya masih menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas dan Polpen (UNKP).

“Kami siap dan tahun ini kami baru pertama kali menyelenggarakan, karena tahun lalu itu 100 persen masih UNKP,” ujar Umar saat ditemui di ruangannya, Senin (8/4/2019).

Hal ini, lanjut Umar, sebagai bentuk keseriusan Pemda Konkep dalam menyelenggarakan program nasional UNBK. Sehingga tahun 2019, pihaknya menyelenggarakan UNBK di dua kecamatan yakni di Wawonii Barat dan Wawonii Tengah.

“Walaupun dari segi fasilitas hanya seadanya saja, tapi kami telah berusaha secara maksimal untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas itu Alhamdulillah terpenuhi secara keseluruhan,” jelasnya.

Untuk menguji kesiapan tersebut, tambah Umar, pihaknya beberapa waktu lalu menyelenggarakan uji coba UNBK di dua titik sekolah, yakni di SMPN 1 Wawonii Tengah dan SMPN 1 Wawonii Barat. Uji coba tersebut dipantau langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Muh Yani dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Jamhur Umirlan.

“Alhamdulillah uji coba UNBK kemarin berjalan lancar,” tandasnya.

Meskipun ada beberapa hambatan yang bersifat teknis dalam uji coba itu, kata Umar, pihaknya sudah menyampaikan alternatif kalau ada gangguan teknis seperti lampu, disarankan untuk menyiapkan genset.

“Untuk antisipasi kerusakan komputer, kami telah informasikan sekolah untuk menyiapkan laptop,” katanya.

Umar juga menerangkan, berdasarkan informasi dari sekolah, hingga saat ini pihak sekolah masih menyampaikan siap dan mampu menyelenggarakan UNBK. Selain itu, tambahnya, tahun 2020 Dikbud Konkep menargetkan 100 persen SMP di Konkep bakal mengikuti UNBK.

“Sebagai bentuk keseriusan Pemda, kami berencana tahun 2020 seluruh sekolah di Konkep Insya Allah akan menyelenggarakan UNBK,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Wawonii Barat, Kasirun mengatakan, pihaknya telah siap menyambut UNBK yang bakal digelar di sekolahnya itu. Kesiapan tersebut meliputi beberapa hal seperti kesiapan peserta didik kesiapan proktor atau teknisi dan pengawas-pengawas ruang.

“Kami sudah siap ikut UNBK, seperti kesiapan peserta didik atau yang bersifat teknis termasuk juga segala keperluan lain yang menyangkut pelaksanaan UNBK,” kata Kasirun kepada Potretsultra.com di SMPN 1 Wawonii Barat.

Kepala SMPN 1 Wawonii Barat, Kasirun

Kepala SMPN 1 Wawonii Barat, Kasirun

Dalam menghadapi UNBK, lanjut Kasirun, pihaknya telah menyiapkan 70 unit komputer. Kata dia, ada 7 sekolah yang mengikuti UNBK bergabung di SMPN 1 Wawonii Barat.

“Kami sudah memiliki alat-alat penunjang UNBK, IT kami sudah siap semuanya, kurang lebih 70 unit komputer. Sebagian memang ada kami pinjam dari sekolah lain. Kami sendiri baru punya 40 unit,” jelasnya.

7 sekolah yang ikut UNBK itu, tambah Kasirun, diantaranya SMPN 1 Wawonii Barat, SMPN 2 Wawonii Barat, SMPN 3 Wawonii Barat, dan Satap Wawonii Barat. Kemudian, ada dua PKBM Kejar Paket B dan Paket C yang juga mengkonfirmasi bakal ikut UNBK di SMPN 1 Wawonii Barat.

“Totalnya ada 7 sekolah, yaitu 4 SMP dan dua PKBM. Sedangkan SMKN 2 Konkep juga sudah selesai UNBK disini kemarin,” terangnya.

Untuk diketahui, total peserta UNBK SMP se Konkep mencapai 229 siswa. Sedangkan peserta yang masih UNKP atau belum berbasis komputer berjumlah 619 peserta.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *