14 Wartawan Ikut Orientasi PWI di Pantai Kampa Wawonii

Keterangan Gambar : Peserta Orientasi Foto Bersama Bupati Konkep, Ketua DPRD Konkep, dan Pengurus PWI Sultra

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar orientasi calon anggota.

Kali ini, PWI Sultra memilih lokasi orientasi tersebut digelar di salah satu objek destinasi wisata unggulan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yakni di Pantai Kampa, Sabtu (10/4/2021) dengan 14 peserta. Tema yang diusung ‘Menjaga Etika, Menjamin Kemerdekaan Pers’.

14 peserta tersebut terdiri dari 10 wartawan dari Kabupaten Konawe Kepulauan, 3 peserta dari Kota Kendari, dan 1 peserta dari Kabupaten Buton Utara.

Orientasi calon anggota PWI itu dibuka langsung oleh Bupati Konawe Kepulauan, Ir. H. Amrullah, MT, yang didampingi Ketua DPRD Konkep, Ishak, SE. Selain itu, hadir pula Ketua PWI Sultra Sarjono, S.Sos, M.Si beserta jajaran pengurusnya.

Ketua PWI Provinsi Sulawesi Tenggara, Sarjono, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan, para pewarta yang hendak bergabung di organisasi profesi seperti PWI harus mengikuti orientasi calon anggota terlebih dahulu.

“Jadi ada perubahan pola rekrutmen anggota PWI pasca kongres di Solo 2018 lalu yaitu tidak akan pernah seorang wartawan menjadi anggota PWI sebelum mengikuti orientasi,” ujar Sarjono dalam agenda pembukaan orientasi calon anggota PWI di Home Stay Pantai Kampa.

Dalam kesempatan itu, Sarjono menegaskan, kemerdekaan pers yang tersandang di pundak para insan pers itu bukan kebebasan mutlak. Namun ada kebebasan bertanggung jawab, sehingga jangan disalah gunakan kemerdekaan pers tersebut.

“Jangan kita jadikan ini semau kita dengan semena-mena kita, tentu tetap kita harus menjunjung tinggi etika berwartawan,” tegasnya.

Selain meneguhkan misi kewartawanan, lanjut Sarjono, PWI Sultra juga mensuport Pulau Wawonii ini untuk terus berkembang dan maju dengan potensi yang dimiliknya.

“Kami bersedia bersinergi untuk mendorong dan memajukan pariwisata Konkep,” ucapnya.

Sebagai bagian dari Sinergi tersebut, PWI Sultra dalam kunjungannya ke PWI Pusat beberapa waktu lalu mendorong destinasi wisata Konkep menjadi salah satu yang perlu dikunjungi oleh para peserta Hari Pers Nasional tahun 2022 mendatang.

“Salah satu agenda yang kami kemukakan ke PWI Pusat dalam menghadapi HPN mendatang adalah konkep dengan destinasi wisatanya. Supaya para tamu HPN nanti dari seluruh wilayah Indonesia akan berkunjung ke Konkep,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Konkep, Ishak, SE mengatakan, agenda HPN tahun 2022 mendatang yang menjadikan Sultra sebagai tuan rumah adalah peluang besar bagi Konkep. Apalagi Konkep bakal dimasukan sebagai salah satu trip kunjungan para tamu HPN.

“Terkait agenda HPN 2022, ini adalah peluang dan potensi besar yang bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Konkep ke seluruh penjuru Indonesia,” ungkap Ishak.

Di tempat yang sama, Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT menghaturkan rasa terima kasihnya kepada PWI Provinsi Sultra yang telah menyelenggarakan kegiatan orientasi calon anggota PWI di Panta Kampa.

“Ini menjadi momen bagi kita untuk sekaligus mempromosikan wisata Pantai Kampa ke masyarakat luas melalui kegiatan PWI ini,” kata Amrullah.

Amrullah berharap, PWI dapat bersinergi dengan Pemda Konkep dalam mempublikasikan sejumlah destinasi objek wisata di Pulau Wawonii ini demi kemajuan daerah. Termasuk di momen HPN tahun 2022 mendatang, kata Amrullah dapat dijadikan sebagai ajang mempromosikan wisata.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *