Wisatawan Sayangkan Banyak Sampah Berserakan di Pantai Kampa Konkep

Keterangan Gambar : Sampah Berserakan di Pantai Kampa Konkep (Foto: IST)

Potretsultra

KONKEP – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyimpan banyak spot-spot wisata yang menarik dikunjungi. Panorama yang masih alami dan indah menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Wawonii.

Pantai Kampa di Kecamatan Wawonii Barat, Air Terjun Tumburano di Kecamatan Wawonii Utara, Air Terjun Latambaga di Kecamatan Wawonii Tengah, Kali Mosolo di Kecamatan Wawonii Tenggara, dan spot-spot wisata lainnya yang membuat para pengunjung betah dan berlama-lama di tempat wisata itu. Namun sayangnya, pemerintah setempat belum memungut retribusi sehingga objek wisata itu belum menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam pantauan Potretsultra.com, di Perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 ini, titik-titik wisata itu banyak dikunjungi oleh warga baik yang berasal dari Konkep sendiri maupun para pengunjung dari luar Konkep. Pantai Kampa merupakan salah satu objek wisata yang kerap kali dikunjungi oleh wisatawan pada perayaan Idul Fitri ini. Selain karena tempatnya yang dekat dengan Ibukota Konkep Langara, Pantai Kampa juga bak Pantai Bali yang juga menyimpan panorama indah.

Namun usai dipadati para wisatawan yang mulai ramai pada Rabu sore hingga Minggu (9/6/2019), ada pula pemandangan yang tak bersahabat. Sampah plastik berserakan di sekitaran Pantai Kampa. Sejumlah tempurung, dedaunan, dan kayu-kayu kecil, ikut merusak pemandangan alam Pantai Kampa. Tempat bekas pembakaran ikan pun dibiarkan begitu saja, tak terurus.

Beberapa wisatawan yang mengunjungi Pantai Kampa mulai berkomentar. Salah satunya pengunjung yang datang dari Kota Kendari, Denis. Ia menyayangkan sikap para pengunjung yang tak menjaga kebersihan saat berlibur ke Pantai Kampa. Apalagi gazebo-gazebo sebagai tempat peristirahatan pengunjung tampak terlihat jorok.

 “Seharusnya kebersihan pantai harus dijaga pengunjung,” ujar Denis, Minggu (9/6/2019).

Padahal sampah-sampah di Pantai Kampa itu sebelumnya telah dibersihkan oleh 245 Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Konkep saat menjalani penutupan orientasi di Pantai Kampa.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *