Tiga Tokoh Sultra Sempat Masuk Bursa Menteri Era Jokowi-JK

Laode Masihu Kamaluddin, Laode Ida, Hugua
Keterangan Gambar : Laode Masihu Kamaluddin, Laode Ida, Hugua

KENDARI – Jatah “Menteri” dari putra daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) kini kembali terhembus. Saat menyambangi wilayah Sultra beberapa waktu lalu, Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno sempat menjanjikan salah satu tokoh terbaik Sultra akan dipertimbangkan dapat jatah kursi menteri.

Cawapres dari pasangan nomor urut dua itu sangat meyakini Sultra memiliki banyak tokoh-tokoh hebat. Bahkan saat ini, Sumber Daya Manusia (SDM) Sultra sudah ikut mewarnai konstelasi perpolitikan nasional.

“Saya tahu Sultra ini SDM nya hebat-hebat, mereka nantinya akan dipertimbangkan masuk kabinet,” ungkap Sandiaga beberapa waktu lalu di Kendari.

Janji jatah menteri ini bahkan siap ditagih oleh kader Partai Gerindra Sultra yang juga sebagai Anggota badan pemenangan Prabowo-Sandi, Bahtra. Seperti dikutip dari Detiksultra.com, Kata Bahtra, pihaknya siap menagih janji Sandiaga, soal jatah menteri bila pasangan nomor urut 02 terpilih pada Pemilu 2019.

“Kita siap tagih janji Sandiaga untuk jatah putra Sultra, tapi syaratnya Prabowo-Sandi menang di Pemilu, itu dapat dimaklumi, karena Sultra belum kebagian jatah komposisi kabinet dalam sejarah Indonesia,” ungkap Bahtra.

Sultra memiliki SDM hebat bukan asal bicara. Tokoh-tokoh terbaik Sultra telah banyak mengisi kancah nasional baik sebagai politisi, akademisi, maupun sebagai penegak hukum. Nama akademisi senior asal Sultra kelahiran Wakatobi, Laode Masihu Kamaluddin misalnya. Mantan Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang itu bahkan sempat digadang-gadang masuk bursa menteri di era Jokowi-JK.

Dari data yang dihimpun oleh Potretsultra.com, Rektor Universitas Lakidende itu sempat dinominasikan untuk menduduki jabatan Menteri Maritim, atau Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, atau Menteri Komunikasi Informasi pada era Jokowi-JK di tahun 2014 silam. Kini, nama Laode Masihu Kamaluddin kembali mencuat untuk mewakili Sultra duduk di kursi menteri atas jatah yang dijanjikan Sandiaga Uno jika memenangkan pesta Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Saat dikonfirmasi oleh Potretsultra.com terkait namanya yang dijagokan oleh netizen di beberapa media sosial Sultra, Masihu Kamaluddin hanya berkomentar santai dan fokus pada pemenangan Prabowo-Sandi terlebih dahulu.

“Iya Amin, tapi kita bekerja dulu ya biar Prabowo-Sandi menang dulu,” kata Masihu via WhatsAppnya beberapa waktu lalu.

Selain nama Masihu Kamaluddin, nama mantan Bupati Wakatobi dua periode, Hugua dan mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida juga pada tahun 2014 silam sempat dikabarkan akan masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK.

Seperti dilansir dari jpnn.com, Nama Hugua menempati urutan pertama dari tiga nama calon Menteri Perikanan dan Kelautan pada polling pendapat yang diselenggarakan situs www.kabinetrakyat.org. Sedangkan La Ode Ida mendapat dukungan kuat dari Kaukus Pelajar Pemuda Indonesia (Kuppas) Kawasan Timur Indonesia untuk menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal.


Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *