Survei Terbaru Capres 2024: Anies Baswedan di Posisi Teratas

Keterangan Gambar : Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (Sumber: Beritagar.id)

Potretsultra

JAKARTA – Hajatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 terbilang masih jauh, namun nama-nama kandidat terus bergulir di meja survei.

Kali ini giliran lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) yang merilis hasil surveinya. Lagi-lagi nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menempati posisi teratas yang disusul Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, lalu diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Lembaga Arus Survei Indonesia bekerjasama dengan SocioMap Indonesia merilis hasil survei pakar/public opinion makers bertema “Menimbang Kapasitas Calon Presiden 2024”. Survei ini dilaksanakan pada 02 – 10 Juli 2021 dengan melibatkan 130 pakar/public opinion makers dan menggunakan metode purposive sampling, yakni sampling diambil tidak secara acak dan sesuai dengan jumlah sampel yang telah ditetapkan.

“Jumlah juri penilai dalam riset ini adalah 130 pakar/public opinion makers yang terdiri dari 10 kategori, yakni akedemisi, jurnalis, pengamat/peneliti, partai politik, ormas/LSM, pengusaha, aktivis mahasiswa, budayawan, kalangan profesional, dan praktisi pemerintahan,” ujar Direktur Ekesekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an dalam keterangan persnya, Selasa (13/7/2021).

Sementara itu, lanjut Ali Rif’an, pengukuran kualitas personal para figur Capres 2024 dalam riset ini dibatasi hanya pada 9 (sembilan) aspek atau indikator, di antaranya adalah visi dan intelektualitas; track record/rekam jejak; karakter dan integritas; skill komunikasi; kemampuan mengambil keputusan tepat; skill mengelola birokrasi; skill mengelola krisis; kemampuan memenuhi janji; dan kemampuan kerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Total nilai 9 aspek itu, nama Anies Baswedan (75,44) persen, Ridwan Kamil (74,93) persen, Ganjar Pranowo (74,8) persen, Khofifah Indar Parawahsah (69,79) persen dan Moh. Mahfud MD (69,42) persen masuk lima besar nama-nama yang dinilai pakar/public opinion makers paling punya kapasitas sebagai calon presiden 2024.

“Survei ini untuk mengukur aspek kapasitas dan kompetensi calon presiden 2024 mendatang. Pasalnya, modal elektabilitas saja tidak cukup untuk menjadi Presiden. Perlu kapasitas kepemimpinan yang teruji untuk mengelola Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa. Sehingga survei ini membantu melihat calon presiden dari sisi kompetensi dan kapabilitas di luar soal sisi popularitas yang sudah banyak dilakukan,” terangnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *