Suasana Virus Corona, Ujian Sekolah SMP di Konkep Dilaksanakan di Rumah

Keterangan Gambar : Salah Satu Guru di SMPN 1 Wawonii Tenggara Saat Menyerahkan Naskah Soal US ke Siswa

KONAWE KEPULAUAN – Karena masih dalam suasana pandemi Virus Corona, Ujian Sekolah untuk jenjang SMP di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terpaksa harus dilaksanakan di rumah siswa masing-masing.

Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umaryadi mengatakan, sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Himbauan Menteri Pendidikan bahwa Ujian Nasional (UN) baik jenjang SD, SMP maupun jenjang SMA resmi ditiadakan. Sedangkan untuk Ujian Sekolah (US) dikembalikan ke satuan pendidikan masing-masing, sesuai kondisi daerah.

“Harapannya adalah Ujian Sekolah dilaksanakan melalui Daring atau online, namun karena kondisi daerah kita yang tidak memungkinkan saat ini, maka teknisnya adalah naskah ujian dibagikan ke masing-masing rumah siswa peserta ujian,” ujar Umaryadi saat ditemui di ruangannya, Rabu (8/4/2020).

Lanjut Umaryadi, ada 9 bidang studi yang diujiankan siswa kelas IX jenjang SMP di Konkep itu. Waktu yang disiapkan untuk US tersebut yakni selama 7 hari.

“Jadi siswa tidak boleh menyetorkan langsung hasil ujiannya ke sekolah, guru yang harus menjemput lembaran jawaban siswa yang telah dikerjakan,” jelasnya.

Untuk penentuan kelulusan Ujian Sekolah tahun ini, kata Umaryadi, berdasarkan lembar jawaban hasil ujian sekolah yang telah dikerjakan kemudian dipadukan dengan nilai rapor masing-masing siswa peserta ujian.

“Nilai ujian siswa lalu ditambah dengan nilai rapor agar menjadi rujukan dalam pemberian nilai nantinya,” terangnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *