Siap Siaga Bencana, BPBD Konkep Bakal Bangun Talud Pantai di Tiga Titik Tahun ini

Keterangan Gambar : Kepala BPBD Konkep, Awaludin, S.Pd

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sangat serius dalam mitigasi kesiapsiagaan penanganan dan penanggulangan bencana.

Merespon hal itu, BPBD Konkep memiliki berbagai program mitigasi antara lain mitigasi struktural dan mitigasi non struktural.

Kepala Dinas BPBD Konkep, Awaluddin mengatakan mitigasi struktural yakni kegiatan yang berbaur dengan fisik ditinjau dari apa yang paling dirasakan masyarakat. Kemudian program mitigasi non struktural yaitu edukasi, sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya antisipasi bencana.

“Karena yang paling dirasakan masyarakat itu bencana abrasi pantai, untuk mitigasi struktural sehingga fokus dinas BPBD tahun 2024 ini yaitu pembuatan talud pantai,” ungkap Awaluddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/01/2024).

Awaluddin juga menjelaskan, talud yang dibangun itu ada tiga paket tahun ini yakni satu paket di Kelurahan Ladianta dengan panjang talud kisaran 50 meter. Kemudian satu paket di Desa Wawouso panjang berkisar 100 meter dan satu pake talud akan dibangun di Desa Puwatu berkisar panjang 30 meter.

“Untuk program mitigasi non struktural kita jalankan fleksibel biasanya terkadang bersamaan dengan program di Dinas PMD yang melibatkan semua instansi yaitu dalam program Lomba Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau P2WKSS. Biasanya disitulah kita sosialisasikan,” ungkap Awaluddin.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, pihaknya selalu mensupport visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Konkep salah-satunya tentang ketahanan bencana.

“Mari kita sama-sama memelihara kegiatan fisik BPBD yang telah dibangun untuk mencegah terjadinya bencana di daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Laporan : Jarman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *