Sebagai Ujung Tombak di TPS, KPU Konkep ‘Bimtek’ KPPS

Keterangan Gambar : Tampak Para Komisioner KPU Konkep Sedang Membawakan Materi Bimtek untuk para KPPS

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Hari pemungutan suara makin dekat, KPU Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus bekerja keras semaksimal mungkin untuk mensukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Sebagai ujung tombak di Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU Konkep menggelar Bimbingan Teknis terkait pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember nanti. Bimtek ini digelar di pelataran depan Kantor KPU Konkep yang dihadiri oleh sejumlah KPPS dari berbagai kecamatan.

Koordinator Divisi Teknis KPU Konkep, Badran, S.Sos menjelaskan, saat ini KPU sedang rutin melakukan pembekalan teknis ke para KPPS. Hal tersebut karena pemungutan suara terjadi di TPS dan KPPS yang bertugas di TPS pada 9 Desember nanti.

“Bimtek ini memang menjadi kewajiban KPU dalam rangka pembekalan kepada jajaran PPK, PPS, dan KPPS. Tapi yang paling teknis ini kami rutin pembekalan di tingkat KPPS,” ujar Badran saat ditemui di ruangannya, Senin (1/12/2020).

Yang dijelaskan saat Bimtek, lanjut Badran, yakni terkait fasilitasi pemilih dan pengisian formulir sekaligus dilanjutkan dengan simulasi. Karena ada beberapa format formulir itu yang berubah desain maupun isinya pada Pilkada serentak tahun 2020.

“Hari ini hari kedua dan sudah 5 kecamatan yang di bimtek. Tinggal Wawonii Tenggara tanggal 2 Desember dan Wawonii Selatan tanggal 4 Desember yang bertempat di lokasi kecamatan masing-masing, karena jarak yang jauh,” jelasnya.

Kata Badran, awalnya Bimtek KPPS ini dijadwalkan di masing-masing kecamatan. Namun karena ada pengenalan Aplikasi Sirekap sebagai fitur baru yang diperkenalkan di Pilkada ini yang membutuhkan kualitas jaringan stabil, sehingga digelar di Langara Kecamatan Wawonii Barat.

“Sedangkan untuk Wawonii Tenggara dan Wawonii Selatan kami undang KPPS-nya untuk menginstal apliaksinya,” katanya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *