RSJ Siap Laksanakan Tes Psiko Calon KPID Sultra

Keterangan Gambar : Pansel KPID Sultra tengah berdialog dengan Direktur RSJ Provinsi Sultra dr Abdul Razak (Foto:Ismed)

KENDARI – Calon Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah melewati tahapan tes tertulis dan wawancara dan hasilnya akan diumumkan pada 25 November. Usai pengumuman tersebut Calon KPID Sultra akan mengikuti tahapan  selanjutnya yakni  tes kejiwaan (Psikotes) pada tanggal 27 November 2019 di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Sultra.

Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) KPID Sultra, LM Bariun mengatakan tahapan pelaksanaan tes psiko tersebut, Pansel KPID sudah melakukan konfirmasi kepada pihak RSJ rencana akan dilaksanakan pekan depan.

“Tes Psikotes akan berlangsung selama satu hari pada tanggal 27 November. peserta yang ikuti tes tergantung dari pengumuman hasil tes tertulis dan wawancara yang akan diumumkan pada tanggal 25 November nantinya,” ujar Bariun, Kamis (21/11/2019).

Dikatakannya, tujuan tes psikotes untuk memeriksa kejiwaan mereka apakah layak atau tidak. Namun dari segi kemampuan, semua peserta memiliki kemampuan mumpuni,” sambungnya.

Usai melakukan tes psikotes, lanjut Direktur Pascasarjana Hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) ini, pihaknya akan kembali berdialog pada pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Hal ini guna untuk membuka gambaran hasil tes tersebut.

Pada kesempatan yang sama Direktur RSJ Provinsi Sultra, Abdul Razak mengungkapkan, pihaknya siap melaksanakan psikotes bagi para calon komisioner KPID Sultra, berdasarkan jadwal yang telah ditentukan Pansel.

“Sesuai hasil pembicara kami dengan Pansel, tentu kami institusi yang menangani tes kejiwaam ini, Insya Allah tanggal 27 kita akan menerima para calon Komisioner KPID itu,” ungkapnya.

Abdul Razak menambahkan, nantinya para calon Komisioner KPID Sultra tersebut akan mengisi kusioner-kusioner yang telah disiapkan oleh pihak RSJ Kendari.

“Mereka (Calon KPID, red) akan mengisi kusioner-kusioner, kemudian kami akan melakukan maping berdasarkan sifat dari pada kejiwaan masing-masing dari calon komisioner,” katanya.

Jumlah soal tes psiko terdiri 567 soal, jadi ada dua pertimbangan dan direkomendasikan untuk calon KPID,” tuturnya.

Laporan: La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *