Ridwan Bae Desak Kemenhub Bangun Pelabuhan Fery Penyeberangan Sawaea – Labuan Tahun Depan

Keterangan Gambar : Anggota DPR RI, Ridwan Bae Saat Menggelar RDP Bersama Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI

Potretsultra

JAKARTA – Anggota DPR RI, Ridwan Bae mengusulkan ke Kementerian Perhubungan RI agar segera dibangun pelabuhan feri penyeberangan di Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelabuhan feri di Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan tersebut akan menghubungkan penyeberangan antara Pulau Wawonii dengan Labuan yang merupakan daratan Pulau Buton. Hal ini disampaikan oleh Ridwan Bae saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kamis (4/7/2024).

“Itu minta tolong Pak agar dibangun pelabuhan feriferi-nya (Pelabuhan Sawaea, red) karena sudah ada kapal feri disitu yang dibiayai oleh perintis, kasian sudah ada biaya perintis disitu tapi pelabuhan fery nya belum ada,” ujar Ridwan Bae.

Lebih lanjut Ridwan Bae menjelaskan, kondisi pelabuhan yang ada saat ini di Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan itu kapal fery belum bisa mengangkut mobl. Sehingga yang bisa dimuat hanya motor saja.

Potretsultra

“Pelabuhan yang ada sekarang itu sandar kapal feri-nya menyamping Pak, yang pada akhirnya hanya motor yang naik itu pun diangkat,” jelasnya.

Kata Ridwan Bae, kemungkinan pembangunan Pelabuhan Fery Sawaea tersebut akan menghabiskan biaya sekitar Rp 30 Miliar. Namun alangkah lebih tepatnya, Ridwan Bae meminta Kemenhub untuk memanggil langsung Kepala Balai Sulawesi Tenggara terkait rencana pembangunan tersebut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih tepat.

“Panggil langsung Kepala Balai yang Sulawesi Tenggara barangkali itu bisa menjelaskan yang lebih tepat supaya bisa terbangun tahun 2025,” katanya.

Jika hal itu bisa diwujudkan, tambah Ridwan Bae, maka ini akan menjadi hadiah pertama buat Sulawesi TenggaraTenggara sebagai Dirjen Perhubungan Darat yang belum lama dilantik.

Laporan: Jarman

 

 

 

Potretsultra Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *