Perjuangan Amrullah-Andi Lutfi: Dulu Terisolir, Kini Konkep Bisa ‘Internetan’

Keterangan Gambar : BTS Telkomsel Langara (Komersial)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Setelah terpilih menjadi bupati dan wakil bupati definitif periode pertama di Kabupaten Konawe Kepulauan, Amrullah dan Andi Muhammad Lutfi langsung ‘tancap gas’ bekerja untuk beramal membangun Konkep. Salah satu misi Amrullah – Andi Lutfi yakni membangun Pulau Wawonii dari keterbelakangan dan keterisolasian daerah.

Menahkodai Konkep hingga di penghujung masa jabatan periode pertama, Amrullah bersama wakilnya Andi Muhammad Lutfi berhasil membuka Konkep dari keterisolasian daerah. Kini 7 kecamatan se Konkep telah teraliri jaringan telepon seluler. Bahkan di sejumlah desa telah mulai menikmati akses internet dengan kapasitas 4G.

Pada tahun 2017, 4 (empat) Base Transceiver Station (BTS) berdiri ke desa-desa yang belum terjangkau dengan jaringan telepon. 4 BTS tersebut dipasang di Desa Mawa Kecamatan Wawonii Utara, Desa Labeau Kecamatan Wawonii Utara, Desa Lebo Kecamatan Wawonii Timur dan Desa Tekonea Kecamatan Wawonii Timur.

BTS XL Labeau

BTS XL Labeau

Pemda Konkep terus bergerak, tidak berdiam diri. Melalui Dinas Kominfo dan Persandian, atas hasil komunikasi ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi  (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi, BTS Desa Patande Kecamatan Wawonii Timur Laut kembali diaktifkan dengan kapasitas 4G.

Lagi-lagi duet Sang Insinyur dan Sang Ekonom sebagai nahkoda Konkep ini terus bergerak melunasi janji-janji politiknya yang pernah dilontarkan pada Pilkada 2015 lalu.

Tepatnya pada Kamis (14/11/2019) lalu, pembangunan tower BTS jaringan XL 4G telah dilakukan peletakan batu pertama di Desa Sinar Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Desa Sinar Masolo merupakan bagian dari perkampungan Mosolo Raya yang terdiri dari Desa Mosolo, Desa Sinaulu Jaya dan Desa Sinar Masolo. Peletakan batu pertama di Desa Sinar Masolo ini sekaligus untuk tiga site yakni Site Mosolo, Site Polara, dan Site Lawey.

Peletakkan Batu Pertama BTS Jaringan XL 4G di Desa Sinar Masolo Kecamatan Wawonii Tenggara oleh Wabup Konkep

Peletakkan Batu Pertama BTS Jaringan XL 4G di Desa Sinar Masolo Kecamatan Wawonii Tenggara oleh Wabup Konkep

Pulau Wawonii yang dahulu terisolir dan sulit mengakses internet, kini telah berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Amrullah – Andi Lutfi terbukti berhasil meyakinkan Kementerian Kominfo untuk membangun BTS jaringan yang berkapasitas 4G. Sehingga warga bisa menikmati layanan internet.

Potretsultra

Tercatat, ada 16 BTS jaringan 4G yang telah terbangun di Konkep. Dari 15 BTS tersebut, 11 diantaranya dibangun oleh Kementerian Kominfo RI melalui Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Sedangkan 5 lainnya dibangun secara komersial atau pihak swasta, 3 BTS terbangun di wilayah Langara, 1 BTS di wilayah Lampeapi, dan 1 BTS lagi di wilayah Roko-Roko.

“Alhamdulillah, untuk BTS Lansilowo, BTS Ladianta, dan BTS Munse yang sebelumnya belum bisa mengakses internet, sekarang dengan adanya peningkatan kapasitas ke 4G, sudah bisa terakses internet, sehingga semua BTS sudah bisa terkases internet,” ujar Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

BTS Telkomsel Lansilowo

BTS Telkomsel Lansilowo

Jamhur mengajak agar layanan telekomunikasi ini digunakan dengan sebaik-baiknya, dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan dan kondusivitas masyarakat pengguna.

“Harapan kita masyarakat turut andil membantu dalam pemeliharaan site dan fasilitas-fasilitas telekomunikasi yang tersedia saat ini,” harapnya.

Seyogyanya, pada tahun 2020 lalu Konkep berhasil kembali mendapatkan 5 BTS yang tersebar di 5 kecamatan se Pulau Wawonii. Namun karena adanya pandemi Covid-19, semua terkendala.

Di periode kedua ini, Konkep dibawah nahkoda Amrullah – Andi Lutfi menggaungkan tagline ‘Wawonii Bangkit’ dengan energi ‘Wawonii Berlari’. Atas semangat itu, di tahun 2021 ini Pemda Konkep kembali berhasil meyakinkan pihak Kementerian Kominfo RI. PT Semesta Energi Services (SES) ditunjuk oleh pihak BAKTI untuk mensurvei 43 titik BTS pembangunan jaringan 4G.

BTS Telkomsel Langara

BTS Telkomsel Langara

“Kita berharap dari 43 titik yang disurvei ini seluruh wilayah desa kita yang selama ini blank spot sudah tercover semua. Sudah tidak ada lagi desa yang tidak terlayani layanan telekomunikasi,”  harapnya.

Untuk diketahui, berikut 11 BTS yang dibangun oleh Kementerian Kominfo RI melalui BAKTI

  1. BTS XL Labeau
  2. BTS Telkomsel Lansilowo
  3. BTS XL Mata Buranga
  4. BTS XL Ladianta
  5. BTS XL Nanga (Lebo)
  6. BTS Telkomsel Munse
  7. BTS XL Wakadawu (Tekonea)
  8. BTS XL Polara
  9. BTS XL Mosolo
  10. BTS Telkomsel Roko-Roko
  11. BTS XL Lawey

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *