Peringati Hari Pramuka, Pemda Konkep Gelar Apel Besar

Keterangan Gambar : Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi, SE, MM Didampingi Sekda dan Para Kepala OPD Usai Apel Besar Pramuka

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Memperingati Hari Pramuka, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar Apel Besar Pramuka, Sabtu (14/8/2021).

Apel ini digelar Pukul 07.00 WIB di Kantor Bupati Konawe Kepulauan dengan seragam pramuka yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi Muhammad Lutfi, SE, MM. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Konkep, Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM, dan para kepala OPD lingkup Pemda Konkep.

Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi dalam sambutan yang dibacakannnya mengungkapkan, 14 Agustus merupakan hari yang disambut dengan suka cita oleh para anggota gerakan pramuka. Karena organisasi kepramukaan ini sudah genap berusia 60 tahun. Sekalipun sesungguhnya gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua.

“Namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah-pecah, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut gerakan pramuka. Karenanya peringatan hari pramuka adalah wujud dan rasa syukur kita kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal gerakan pramuka,” kata Andi Lutfi dalam membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso.

Andi Lutfi juga mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan gerakan pramuka banyak kegiatan yang terpaksa dihentikan, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugus depan- gugus depan pramuka.

“Namun Kita tak boleh menyerah dan berputus asa, justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” ujarnya.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, lanjut Andi Lutfi, juga telah membentuk Satgas untuk membantu menanggulangi Covid-19. Berbagai hal yang telah dilakukan mulai pembagian APD, melaksanakan vaksinasi, dan lainnya. Memasuki adaptasi new Normal ini, gerakan pramuka diajak untuk menjadi duta perubahan perilaku.

“Diharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19,” harapnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *