Meski Masa Pandemi, Bahlil Lahadalia: Ekonomi Nasional Tumbuh Baik

Keterangan Gambar : Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia (Foto: IST)

Potretsultra

JAKARTA – Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia menegaskan, meski Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 namun pertumbuhan ekonomi tetap mengalami perbaikan.

“Yang mau saya sampaikan adalah, bahwa sekalipun di era pandemi Covid-19, prospek dinamika pertumbuhan ekonomi nasional mengalami perbaikan,” ujar Bahlil Lahadalia dalam Dialog Mengupas Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2021, Jumat (6/8/2021) lalu.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang ada sekarang berada pada 7,07 persen. Itu terhitung di bulan April, Mei dan Juni. Pertumbuhan ekonomi di mitra dagang tumbuh positif, begitu pula dengan ekspor impor yang cukup baik dengan pertumbuhan sekitar 50 persen dan 45 persen.

Data lain juga terlihat bahwa pertumbuhan ekonomi tersebut ditopang dari sektor konsumsi. Sektor konsumsi tumbuh sekitar 5 persen, dan sektor investasi tumbuh sekitar 8 persen. Sementara di sektor pertanian tumbuh sekalipun tidak terlalu maksimal, yakni sekitar 0,3 persen sampai 0,5 persen.

“Jangan salah asumsi, April, Mei dan Juni kuartal II, di saat itu belum ada PPKM. Sementara Juni-Juli ada PPKM. Jadi menurut saya pertumbuhan ini harus kita apresiasi, tapi jangan juga terlena,” jelasnya.

Selain kemampuan pemerintah memberikan stimulus bansos, lanjut Bahlil, tapi juga yang tumbuh itu industri padat karya yang mendorong penciptaan lapangan pekerjaan.

“Kita harus menatap dengan penuh optimisme,” katanya.

Untuk diketahui, dialog ini juga dihadiri pembicara ekonom senior Faisal Basri dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), Teguh Dartanto.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *