Pengaspalan Jalan Raha-Lakapera,Butuh Tambahan Anggaran Rp20 Miliar

Keterangan Gambar : LM Rusman Emba

Potretsultra

MUNA-Kerusakan jalan poros Provinsi Sulawesi Tenggara Raha-Lakapera makin memprihatinkan.Tak ingin kondisi ini berlarut Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna sedang mengusulkan tambahan anggaran kepemerintah provinsi senilai Rp20 Miliar melalui anggaran APBD Perubahan tahun 2019.

Bupati Muna LM Rusman Emba (RE) menuturkan pengaspalan jalan Raha-Lakapera yang dikucurkan melalui APBD induk senilai Rp7 Miliar belum cukup.Kisaran anggaran tersebut hanya bisa menyelesaikan pengaspalan 5 kilo meter, masih ada tersisa sekitar 11 kilo meter lagi yang belum dikerjakan.

“Kita berharap ada tambahan anggaran perubahan tahun 2019 sebesar Rp20 Miliar, untuk menuntaskan pengerjaan jalan tersebut.Jika itu disetujui,sasaran anggaranya untuk drainase termaksud pelebaran jalan,karena lebar jalan hanya bermain kisaran 3,5 meter hingga 4,5 dan itu kecil sekali, idealnya sesuai standar 6,5 meter ,”ungkap Rusman,Sabtu (13/7/2019).

Potretsultra

Pak gubernur segera menepati janjinya saat kampanye politik di Muna,untuk menuntaskan ruas jalan provinsi dari Kota Raha-Lakapera yang menghubungkan Ibukota Kabupaten Muna dengan Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Sambung Rusman,penuntasan status jalan provinsi ini,pemkab muna sudah mengusulkan dari awal cuman realiasasinya hanya Rp7 Miliar.Pada hal jalan ini menjadi skala prioritas pembahasan.

“Oleh karena itu kami berharap konsistent beliau (gubernur red) untuk menepati janjinya untuk merealisasikan pengerjaan jalan tersebut ditahun anggaran 2019 ini.

“Kami sudah sering kali melakukan komunikasi dan pak gubernur sendiri sudah menyahuti itu,tinggal Tim Anggaran Pemerintah (TAPD) nya dalam persoalan penganggaran.Apakah komitment pak gubernur itu sudah ditindak lanjuti SKPD atau tidak, itu yang perlu dipertanyakan,”kata Rusman.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Sultra ini menambahkan,kondisi jalan raha lakapera saat ini makin rusak parah dan ambrol mengakibatkan pengguna transportasi tidak sedikit mengalami kecelakaan karena jalan sudah penuh kubangan.

Laporan:La Ismed

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *