PB HMI MPO Dukung Sahkan RUU Kepulauan

Keterangan Gambar : Sekretaris Jenderal PB HMI MPO, La Ode Muhammad Imran

Potretsultra

JAKARTA – Wacana mengenai Pengesahan RUU Kepulauan terus bergulir hingga saat ini.

Hal ini terlihat dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2021, terdapat 33 Rancangan Undang-Undang (RUU). Salah satunya merupakan usulan DPD RI yaitu RUU tentang Daerah Kepulauan yang diusulkan sejak 17 Desember 2019.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) HMI MPO, La Ode Muhammad Imran menyatakan mendukung penuh Pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepulauan.

“Alasan kami mendukung percepatan pengesahan RUU Kepulauan ini jelas bahwa sebagai fakta, negara kita ini adalah kepulauan maka seluruh aktivitas pembangunan harus berbasis kepulauan,” ujar Imran dalam keterangan persnya, Kamis (16/9/2021).

Menurut Imran, selama ini kebijakan pembangunan yang diterapkan di daerah kepulauan, seolah-olah disamakan dengan daerah daratan. Padahal, pendekatan pembangunan di daratan dan kepulauan semestinya berbeda.

“Akibatnya maka tidak optimalnya pengelolaan potensi sumberdaya yang ada di daerah-daerah Kepulauan,” katanya.

Alasan lain perlunya segera RUU Kepulauan, lanjut Imran, yakni berkaitan dengan Pemerataan Pembangunan. Dia menegaskan, harus diakui bahwa selama ini terdapat kesenjangan pembangunan antara daerah-daerah di republik ini yang terkategori daratan dan kepulauan.

“Maka kami menilai Hadirnya RUU Kepulauan dapat mengakselerasi pembangunan daratan dan kepulauan yang berasaskan Keadilan. Dan sebagai solusi dalam mengoptimalkan pengelolaan sumberdaya di daerah-daerah kepulauan,” jelasnya.

“Oleh karenanya maka kami dari PB HMI-MPO meminta dengan tegas agar RUU Kepulauan segera dirampungkan dan disahkan,” tegas Mantan Ketua Umum HMI MPO Cabang Kendari itu.

Laporan: Said

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *