Sekda Baubau Getol Promosikan Destinasi Wisata di Baubau

Keterangan Gambar : Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd (Sumber: Dinas Kominfo Kota Baubau)

Potretsultra

BAUBAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. getol mengampanyekan peningkatan perekonomian dari segi kepariwisataan.

Roni Muhtar juga mengajak seluruh masyarakat, agar turut serta bersama Pemerintah Kota Baubau, untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang dimiliki agar Baubau bisa mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal tersebut disampaikan Roni Muhtar beberapa waktu lalu pada malam Penganugerahan Branding dan Tagline Pariwisata Kota Baubau, di salah satu hotel di Kota Baubau.

Menurut Roni Muhtar, bila semua membagikan informasi-informasi positif di lini masa media sosial masing-masing tentang destinasi wisata yang ada di Baubau dengan Hastag Branding dan Tagline yang baru saja diresmikan ini. Tentu akan berdampak baik kepada seluruh elemen masyarakat. Dengan cara begitu perekonomian bisa ditingkatkan kendati di masa pandemi COVID-19.

“Jadi, mulai saat ini kita mulai memasyarakatkan penyebutan Benteng Wolio, tidak ada sebutan lain sebab kita punya historis tentang itu,” ucapnya.

Roni Muhtar berharap besar agar ke depannya dinas pariwisata bisa memprogramkan kembali lomba semacam ini. Namun dikemas dalam bentuk video pendek yang menampilkan cerita menarik tentang destinasi wisata di Baubau. Sehingga bisa menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk mengetahui lebih dalam informasinya. Tentu pengetahuan itu lebih jelas dia akan dapat setelah berkunjung ke Negeri Seribu Benteng ini.

“Kalau bisa dibuatkan sebuah cerita menarik agar wisatawan bisa tertarik berkunjung ke daerah kita. Misalnya cerita tentang bagaimana masyarakat terdahulu bergotong royong merekatkan batu-batu sehingga menjadi Benteng menggunakan putih telur, sehingga orang lain akan bertanya-tanya Benteng megah itu seperti apa ceritanya sampai bisa di bangun,” katanya.

Kemudian, lanjut Roni Muhtar, cerita itu disebarkan luaskan seluruh masyarakat di semua lini masa media sosial dengan branding dan tagline ini. “Saya yakin, wisatawan akan banyak datang berkunjung ke tempat kita. Kalau kita sama-sama promosikan Benteng Wolio dengan cerita positif,” ucapnya.

Menurut Roni Muhtar, banyak cara sehingga Benteng Wolio bakal membuat tertarik turis mancanegara. Tinggal pintar-pintarnya dinas terkait manfaatkan peluang untuk promosi. Apalagi di era kepemimpinan Dr AS Tamrin MH bahwa dinas pariwisata menjadi lokomotif peningkatan PAD.

Dinas pariwisata berbuatlah dengan baik karena masa depan Baubau salah satunya ada pada aset-aset wisata yang termanfaatkan untuk peningkatan PAD.

“Kita sudah mengupayakan sarana penunjang seperti bandara agar dikembangkan lebih besar lagi. Tentu untuk memanfaatkan itu ditunjang dengan lokasi-lokasi pariwisata yang mumpuni, bila wisatawan datang itu meninggalkan cerita menarik yang dia bawa pulang tentang pariwisata kita,” tandasnya.

Dikatakan bandara adalah peluang besar untuk mendatangkan wisatawan. Apalagi di masa pandemi ini orang-orang telah lama ingin refresing. Peluang itu wajib dimanfaatkan dengan memanjakan wisatawan dengan berbagai pelayanan terbaik.

“Sehingga kalau kita menganggap Benteng Wolio sebagai ikon kita. Harus kita tingkatkan semua potensi yang kita miliki agar bermanfaat secara ekonomi,” tukas Roni Muhtar.

Kata Roni, selain dari segi bandara, manfaat lain bisa ditarik dari segi investasi perhotelan. Akan ada investor besar bakal masuk untuk membangun hotel-hotel berbintang nanti. Untuk itu mulai sekarang manfaatkan peluang ini sebaik mungkin dengan menyiapkan segala kebutuhan wisatawan agar dimanjakan dari segala hal.

“Intinya peran kita berikan pelayanan terbaik. Itulah hal-hal yang harus dimanfaatkan dinas pariwisata menarik peluang itu. Kota ini berharap besar meningkat ekonomi dari sisi pariwisata. Olehnya itu pariwisata menjadi harapan masa depan. Saya menantang dinas pariwisata untuk melakukan itu,” katanya.

Roni Muhtar menegaskan gagasan berpikir semacam itu telah lama dipikirkan Wali Kota Baubau Dr AS Tamrin dalam visi misinya yang maju sejahtera dan berbudaya dalam bingkai PO 5.

“Jadi saya tekankan, apa yang sudah menjadi Branding kita ini dimanfaatkan menjadi bahan promosi di media sosial. Begitu pula nanti dengan karya video pendek tentang destinasi pariwisata yang bisa membangkitkan kreativitas anak milenial Baubau sehingga karya itu bisa terpublikasikan di dunia luar,” tegasnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *