Oknum ASN Kecamatan Mandonga Diperiksa Bawaslu Soal Foto Bersama Caleg

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin (Kiri), (Foto: Jubirman)
Keterangan Gambar : Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin (Kiri), (Foto: Jubirman)

KENDARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari melakukan pemeriksaan terhadap seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berinisial NA, Senin (04/1/2019).

Menurut Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin, pemeriksaan tesebut dilakukakn dikarenakan NA yang merupakan Staf Kantor Kecamatan Mandonga yang telah memposting fotonya bersama salah satu Caleg berinisial MR berpartai Golkar dari Dapil I Mandonga-Puuwatu pada (02/1/2019) lalu di media sosial.

ASN tersebut, lanjut Sahinuddin, diduga melanggar Undang Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Kode Etik ASN serta PP Nomor 42 Tahun 2004 tentang Jiwa Karsa ASN.

Kepada awak media, Sahinuddin menerangkan, pemeriksaan dilakukan pada pukul 10.00 Wita. Dalam pemeriksaan tersebut, NA mengakui dirinya telah memposting foto bersama MR yang diketahui sebagai Caleg DPRD Kota Kendari nomor urut 5.

“Jam 10 pagi diperiksa di kantor Bawaslu kendari. NA akui itu akunnya dan dia posting sendiri,” ungkap Sahinuddin saat ditemui di kantornya.

Kata Sahinuddin, ternyata NA tak hanya memposting foto, ia juga melambaikan tangan dalam foto tersebut yang menunjukkan tepat dengan nomor urut Caleg MR yakni nomor urut lima.

“Diposting itu tanggal 2 Januari dan kami temukan pada tanggal 23 Januari. Kemudian kami panggil yang bersangkutan ke Bawaslu,” katanya.

Tambah Sahinuddin, pihaknya akan menyusun kajiannya usai pemeriksaan tersebut. Kemudian akan diplenokan. Setelah bukti terkumpul, Bawaslu Kendari akan meneruskan kepada instansi yang berwenang. Nanti pihak-pihak tersebut yang memutuskan.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *