Momen Idul Adha, Komunitas Pemuda Mosolo Raya di Konkep Bersihkan Pemakaman Umum

Keterangan Gambar : Komunitas Pemuda di Mosolo Raya Usai Membersihkan Tempat Pemakaman Umum

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Di momen lebaran Idul Adha 1441 H, 2 (dua) komunitas pemuda di wilayah Desa Mosolo Raya Kecamatan Wawonii Tenggara, Konawe Kepulauan (Konkep) memanfaatkan suasana ini dengan melakukan kegiatan bakti sosial, Kamis (30/8/2020) lalu.

Kegiatan sosial itu berupa pembersihan kuburan atau tempat pemakaman umum di wilayah Mosolo Raya. Kegiatan pembersihan kuburan ini merupakan tradisi yang telah terbangun sejak lama di Mosolo Raya. Namun kali ini, 2 komunitas pemuda yakni komunitas Canssas dan komunitas Ganzmorya yang menginisiasi bakti sosial pembersihan tempat pemakaman tersebut.

Puluhan pemuda berbondong-bondong ke lokasi pemakaman umum untuk menggelar aksi sosial ini. Ketua Komunitas Canasas, Jordan mengungkapkan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan gotong-royong bersama komunitasnya itu merupakan bentuk aksi sosial kemasyarakatan yang menjadi tanggung jawab pemuda sebagai agen perubahan.

“Sebagai agen perubahan, tentu pemuda harus berada di tengah-tengah masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti pembersihan tempat pemakaman umum ini,” ungkap Jordan beberapa waktu lalu.

Jordan menilai, pemuda seharusnya tidak sekedar mengeluarkan kritik terhadap pemerintah. Namun pemuda juga harus ikut serta dalam setiap kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. “Sudah saatnya kita berbenah, sudah saatnya pemuda mengambil inisiatif dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Ganzmorya, Rahmat mengatakan, kegiatan bakti sosial pembersihan kuburan yang diinisiasi oleh komunitas pemuda ini akan menjadi tradisi yang bakal dilakukan untuk tahun-tahun mendatang.

“Ini bukan awal yang kami lakukan, tapi Baksos ini akan terus kami agendakan kedepannya,” kata Rahmat.

Bahkan Rahmat mengajak, agar kedepannya seluruh komunitas pemuda berkolaborasi bersama menggelar aksi-aksi sosial kemasyarakatan. Tidak hanya bakti sosial pembersihan pemakaman, namun di kegiatan-kegiatan sosial lainnya pemuda harus terlibat.

“Sudah saatnya pemuda membawa perubahan, tidak sekedar kumpul-kumpul dan ngopi bareng,” pungkasnya.

Laporan: Jarman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *