Menuju Dua Periode, Siapa Layak Dampingi Amrullah?

Keterangan Gambar : Bupati Konkep, Amrullah (IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Peta perpolitikan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mulai nampak ke permukaan. Satu per satu para kandidat muncul berkoalisi.

Di awal-awal koalisi itu diperlihatkan oleh Mantan Kepala Bappeda Konkep, Abdul Halim dengan menggandeng Ketua DPC Partai Gerindra Konkep, Untung Taslim. Pasangan Halim-Untung ini resmi mendeklarasikan diri pada Minggu (15/9/2019) lalu dengan mengusung jargo ‘Fajar Baru Wawonii’.

Usai Halim-Untung, Ketua DPC PAN Konkep Musdar yang digadang-gadang ikut maju meramaikan arena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) itu juga telah menampakkan calon wakilnya. Ilham Jaya Maal mengaku telah bersepakat dengan Musdar untuk berkoalisi menantang calon petahana.

“Alhamdulillah ini sudah fix. Saya dan Pak Musdar final berpasangan untuk Pilkada Konkep,” ujar Ilham, Sabtu Malam (11/1/2020) lalu saat ditemui di salah satu Warkop di Kendari.

Kini, warga Konkep sedang menantikan ritme politik yang dimainkan calon petahana, Amrullah. Siapa yang layak digaet untuk dijadikan wakil di periode keduanya?

Kini mulai nampak beberapa kandidat yang memberi sinyal bakal berpasangan dengan sang incumbent di Pilkada Konkep itu. Nama Andi Muhammad Luthfi, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Konkep nampaknya siap kembali maju mendampingi Amrullah. Foto-fotonya denga jargon ‘Aku Memilih Lanjutkan’ atau AML yang juga merupakan akronim dari Andi Muhammad Luthfi telah tersebar di Sosial Media. Foto ini kerap kali diposting dengan caption ‘melanjutkan lebih baik’. Dari postingan itu, warganet banyak yang berkomentar singkat dengan kata ‘Lanjutkan’.

Selain Andi Luthfi, netizen juga memposting foto Ketua DPP PKPI Sultra, Yacub Rahman yang kini sedang menjabat sebagai Anggota DPRD Konkep. Politisi PKPI ini dinilai oleh beberap warganet layak mendampingi Amrullah menuju 2 periode.

Bahkan ada salah satu postingan di Group FB Perubahan Konawe Kepulauan yang blak-blakan  mengupload foto Yacub Rahman dengan tagline ‘Peradaban Baru menuju AM2P’. Konon AM2P merupakan singkatan dari Amrullah 2 Periode.

Kedua figur ini benar-benar patut diperhitungkan. Andi Luthfi selain sebagai Wabup ia juga diketahui sebagai Ketua Partai Nasdem di Konkep. Partai besutan Surya Paloh itu berhasil mendudukan 2 kursi di DPRD Konkep.

Sama halnya dengan Yacub Rahman. Figurnya tak bisa juga dianggap remeh. Kini Yacub menjabat sebagai Ketua PKPI Provinsi Sulawesi Tenggara. Ia juga berhasil menyumbangkan 2 kursi ke DPRD Konkep.

Nama lain yang disebut-sebut juga layak mengantarkan Amrullah menuju 2 periode yakni politisi kenamaan dari Wawonii Tenggara, Muhammad Farid. Kini ia menjabat sebagai anggota DPRD Konkep dan Ketua DPD Partai Golkar Konkep. Berbeda dengan Andi Luthfi dan Yacub Rahman, politisi Golkar ini bahkan berhasil menempatkan 3 kursi ke DPRD Konkep. Apalagi Partai Golkar telah cenderung merapat ke petahana.

Calon petahana Amrullah hingga saat ini belum menentukan siapa calon wakilnya di perhelatan politik pada 23 September 2020 nanti. Ia menyebut, komunikasinya dengan Andi Luthfi masih harmonis. namun bagi dia, politik itu dinamis sehingga siapa saja masih berpeluang untuk menempati posisi calon wakilnya.

“Hubungan saya dengan Pak Wakil masih harmonis. Terkait siapa nanti yang akan dampingi tentu masih berpeluang berpasangan dan bisa jadi ada pendamping lain. Begitulah politik yang nafasnya dinamis,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *