KPU Konkep: Berkas Dukungan Perseorangan Diserahkan Paling Lambat 23 Februari

Keterangan Gambar : Koordinator Divis Teknis Penyelenggaraan KPU Konkep, Badran

KONAWE KEPULAUAN – Usai launching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), KPU Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mengumumkan, pada Februari 2020 mendatang akan dilakukan penyerahan dokumen dukungan calon jalur independen.

“Bagi siapa saja yang berniat maju sebagai kepala daerah melalui jalur independen, maka harus disiapkan dokumen dukungannya dan akan diserahkan pada 19 Februari sampai 23 Februari 2020, waktunya selama Lima hari,” ungkap Koordinator Divis Teknis Penyelenggaraan KPU Konkep, Badran, Rabu (1/1/2020).

“Jadi dari hari pertama sampai hari keempat, itu buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, hari terakhir itu dari jam 8 pagi sampai Pukul 24.00 Wita,” sambungnya.

Saat calon jalur independen menyerahkan dokumen dukungan pada 19 Februari 2020 nanti, lanjut Badran, KPU hanya menghitung jumlah minimal 2.527 KTP dukungan. Kata dia, 2.527 dukungan itu harus tersebar di minimal 4 kecamatan.

“Selanjutnya akan memasuki tahapan verifikasi administrasi, dan kemudian dilanjutkan verifikasi faktual,” jelasnya.

Badran juga mengatakan, jika ditemukan nama-nama dari ASN, TNI/Polri, perangkat desa, dan penyelenggara Pemilu dalam dokumen dukungan kandidat dari jalur perseorangan maka langsung dikatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kepala desa, perangkat desa, ASN, TNI, Polri, penyelenggara Pemilu, mereka semua tidak bisa memberikan dukungan,” tegasnya.

Sejauh ini, menurut Badran, pihaknya telah tiga kali menerima warga berkonsultasi yang ingin mengetahui mekanisme dan persyaratan untuk calon lewat perseorangan atau independen.

“Ini kemarin sudah 3 kali orang berkonsultasi. Namun saat ditanya dari kelompok mana atau dari kandidat siapa, mereka menjawab dari masyarakat. Hanya saja 3 kali berturut-turut itu dilakukan oleh orang yang sama,” ucapnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *