Kampus Digital Pertama di Indonesia, Ini 4 Prodi Unggulan UICI

Keterangan Gambar : Twibbon Rektor UICI, Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin, M.Sc, M.Eng Saat Grand Launching (Sumber: Akun Instagram @uiciofficial)

Potretsultra

JAKARTA – Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menjadi kampus digital startup pertama di Indonesia yang telah dilaunching Kamis (22/7/2021) lalu dan disambut baik oleh Presiden RI Joko Widodo.

Rektor Universitas Insan Cita Indonesia, Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin, M.Sc, M.Eng menjelaskan, UICI adalah kampus masa depan startup university yang fokus untuk mengembangkan universitas berbasis digital. Karena digital bukan lagi suatu pilihan, tetapi suatu keharusan

Lanjut Prof Laode, pandemi Covid-19 dan revolusi tekhnologi 5G yang mengakselerasikan cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi tanpa distance, space, dan time. Sehubungan dengan perkembangan tekhnologi di atas, maka top universitas di dunia sudah mengembangkan virtual simulator untuk pendidikannya

“Virtual simulator ternyata jauh lebih bisa menghemat biaya, meningkatkan kreativitas dan motivasi mahasiswa yang bisa dilakukan secara berulang-ulang,” ujar Prof Laode seperti dilansir dari aplikasi Youtube akun resmi milik UICI @uiciofficial yang diunggah 8 Juli 2021 lalu.

Untuk itu, kata mantan Ketua Forum Rektor Indonesia itu, UICI mengembangkan platform pendidikan baru untuk Indonesia yaitu Digital Simulator Teaching Learning System (DSTLS). Platform ini tidak hanya memindahkan kelas offline ke online seperti yang sekarang terkenal di Indonesia. Tetapi terdapat unsur-unsur yang lebih fundamental yaitu Experiment, Development, Skill, dan Entrepreneurship

“Ada 3 elemen penting yang kami integrasikan yaitu diantaranya tekhnologi informasi komunikasi, konten digital dan virtual simulator,” katanya.

Disamping itu, tambah Prof Laode, ada hal yang fundamental juga yang dikembangkan di UICI yaitu budaya digital, paket keislaman, dan keindonesiaan. Lulusan UICI diproyeksikan adalah suatu generasi yang punya keahlian dan pengetahuan digital juga memiliki karakter akademik yang kreatifm motivatif, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam

“Untuk itu saya mengajak calon mahasiswa UICI untuk bergabung bersama membangun masa depan Indonesia, tumbuh bersama UICI,” ajaknya.

Untuk diketahui, UICI hadir dengan 4 Program Studi (Prodi) unggulan yang dibuka perdana pada tahun 2021 ini. Berikut deskripsi singkat terkait empat Prodi UICI yang dihimpun melalui akun Youtube @uicioficial.

Sains Data

Kebutuhan akan data saintis terus meningkat, pembukaan tahun 2020 saja dibutuhkan hampir 3 juta data saintis di seluruh dunia. Menurut Harvard Business Review bahwa sains data adalah bidang populer yang sangat dibutuhkan di abad 21 ini.

Sains data adalah suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari terkait pengolahan data menggunakan metode, proses, algoritma, dan sistem ilmiah untuk menghasilkan informasi dan wawasan dari data tersebut. Ilmu ini terkait dengan data mining, machine learning, dan big data.

UICI tahun ini membuka Prodi sains data dengan lokus dengan inovasi sistem pendidikan yang unggul. Kamu bisa kuliah dimana saja, kapan saja, dan dengan device apapun.

Bisnis Digital

Jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Sekitar 74% atau berkisar 202,6 juta jiwa warga Indonesia terakses internet. Mereka bermedia sosial, berbelanja online, E-Learning, dan lain-lain.

Data terbaru bisnis digital di Indonesia tahun 2020 sebesar Rp 619 Triliun dan diprediksi terus meningkat

Tahun ini UICI membuka jurusan bisnis digital, jurusan baru yang akan melahirkan para profesional di dunia bisnis digital. Di era ini apakah kamu hanya akan menjadi konsumen saja, atau siap menjadi pelaku sejarah, yuk tumbuh bersama UICI

Komunikasi Digital

Sebenarnya dunia ini datar, tapi bukan datar yang itu. Konsep bumi datar yang dimaksud adalah bahwa perkembangan tekhnologi informasi membuat dinding yang membatasi jarak, teritorial, dan waktu di dunia menjadi tidak ada.

Tekhnologi informasi melahirkan platorfm tatanan dunia datar. Konfergensi perangkat pribadi membuat setiap individu bisa memproduksi pesan digital dan terkoneksi ke seluruh dunia.

Konsep tatanan dunia datar, platform dunia datar, dan alur kerja perangkat lunak telah membawa perubahan pada bagaimana cara orang berkomunikasi dan membangun relasi.

UICI memahami sepenuhnya perubahan ini dengan membuka Prodi Komunikasi digital yang akan menghasilkan lulusan dengan kemampuan dan keterampilan komunikasi di era dunia digital yang etis dan profesional dengan budaya digital yang kuat.

Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah kunci menghadapi tantangan global. Revolusi tekhnologi mengubah bagaimana industri berkembang.

Sampai tahun 2020, baru 5% kebutuhan industri yang bisa dipenuhi oleh lulusan informatika. Kebutuhan yang tinggi, lulusan profesional yang belum mencukupi membuat lulusan informastika menjadi primadona, tidak hanya dalam negeri, juga pasar global.

UICI melihat peluang ini menyiapkan para lulusan dengan keahlian digital profesional. Di tahun perdana, informatika adalah prodi unggulan dengan budaya digital dan karakter insani.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *