Kadis Sosial Konkep Imbau Penerima PKH Kategori Mampu Mundur

Keterangan Gambar : Kadis Sosial Konkep, Muh Rustam Arifin

KONAWE KEPULAUAN – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Muhammad Rustam Arifin menghimbau agar warga yang telah secara ekonomi mampu atau mapan agar mundur dari penerima Bantuan Sosial (Bansos).

“Bagi KPM yang sudah mampu, yang sudah mandiri, yang kita harapkan adalah mereka bisa mengundurkan diri dan keluar dari penerima program bantuan sosial ini,” ujar Rustam saat ditemui beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Hal tersebut agar, lanjut Rustam, hak itu bisa dialihkan ke masyarakat lain yang lebih berhak menerimanya. Diketahui beberapa waktu lalu, satu warga dari Desa Sukarela Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara, Rini Astuti (35) menyatakan diri mundur dan keluar dari penerima Bansos baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun penerima program Beras Sejahtera (Rastra). Hal ini diungkapkannya di salah satu media online.

Sebagai penangung jawab teknis di daerah, Rustam mengapresiasi dan berterima kasih atas langkah warga yang berani keluar dari penerima program bantuan tersebut. Karena merasa dirinya telah berkecukupan secara ekonomi dan lebih memberikan kepada warga lain yang lebih membutuhkan program Bansos tersebut.

“Mudah-mudahan bukan hanya satu orang ini, tapi kedepannya masyarakat yang sudah mampu dengan kesadaran dirinya bisa beramai-ramai mengundurkan diri keluar dari penerima program bantuan sosial,” ucapnya.

Apalagi, tambah Rustam, dalam beberapa bulan kedepan pihak Dinas Sosial Konkep bakal melakukan labelisasi pada masing-masing rumah penerima Bansos, baik PKH maupun penerima bantuan Rastra.

“Kita berharap kedepan bagi yang sudah mampu secara ekonomi yang sebelumnya belum sadar menjadi sadar dengan sendirinya karena dia malu dengan kondisi secara ekonomi sudah mapan tapi masih menerima bantuan sosial,” harapnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *