Jokowi Minta Hilirisasi Aspal Buton, Risman: Kuncinya RTRW Tambang Harus Jelas

Keterangan Gambar : Koordinator Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Buton, Muhammad Risman

Potretsultra

BUTON – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan melakukan hilirisasi industri tambang aspal Buton guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat lingkar tambang.

Menanggapi hal itu, Koordinator Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Buton, Muhammad Risman menyebut Presiden Jokowi harus mampu membuktikan janjinya kepada masyarakat Buton bahwa pernyataan tersebut dapat ditindaklanjuti.

“Ini janji Presiden Jokowi kepada masyarakat Buton, kalau benar tambang aspal harus dihilirilisasi pemerintah daerah harus cepat tanggap dan pemerintah pusat buka jalan, langkah pertama melakukan usulan penataan ruangnya,” kata Risman dalam rilis persnya kepada media, Selasa (27/9/2022).

Risman menjelaskan dalam mewujudkan hilirilisasi tambang aspal Buton yang perlu diperhatikan yakni penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Buton sebagai master plan perencanaan pembangunan kawasan tambang.

Mantan aktivis pertambangan Maluku Utara itu mengatakan sejauh ini pemerintah daerah belum melakukan pembahasan revisi Perda No 1/2014 tentang RTRW Kabupaten Buton tahun 2013-2033.

Meskipun pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan penuh membahas revisi penataan ruang daerah sesuai UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Potretsultra

“Jadi kuncinya harus RTRW itu jelas meskipun pembahasan tata ruang daerah saat ini tidak sepenuhnya dibahas di daerah, seperti UU 26/2007 tentang penataan ruang. Tapi sekarang sudah dibahas di pemerintah pusat,” ujar Risman.

Olehnya itu, Risman mengharapkan kepada Pemda Kabupaten Buton agar lebih berkonsentrasi melaksanakan pembahasan penataan ruang daerah dengan mengefektifkan Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD).

“Memang soal penataan ruang sudah diambil alih oleh pemerintah pusat tapi perencanaan Kesusuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) termasuk soal kesesuaian tambang aspal dibahas di TKPRD. Jadi harapannya Pemda harus melihat itu supaya apa yang direncanakan di pusat bisa sambung di daerah,” tutup Risman.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di lokasi Pabrik Aspal Buton milik PT Wika Bitumen di Kabungka, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selasa (27/9/2022).

Pada kesempatan itu, Jokowi menegaskan bahwa dua tahun lagi tidak ada impor aspal, semuanya harus dikerjakan oleh Buton. Hal itu diungkapkannya setelah melalui kajian dan komunikasi dengan menteri terkait.

“Kemarin saya berbicara dengan menteri, hari ini kita lihat lapangan. Lewat kajian dan kita harapkan ada hilirisasi disini. Kita putuskan dua tahun lagi tidak ada impor aspal, semuanya harus dikerjakan oleh Buton,” katanya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *