Jalan By Pass Bakal Jadi Ikon Wisata Konkep

Keterangan Gambar : Jalan By Pass Konkep (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Siapa sangka Masjid terapung Al Alam Kota Kendari yang diprotes pembangunannya, kini menjadi mahakarya ikon wisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Nampaknya, pembangunan Jalan By Pass yang disorot akhir-akhir ini juga bakal menjadi ikon daerah di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

“Nantinya ketika By Pasa ini selesai akan menjadi ikon daerah juga pusat wisata kuliner, wisata mangrove dan wisata religi, dan wisata rekrekasi,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tatat Ruang (PUTR) Konkep, Israwan Sulfa melalui Kepala Bidang Bina Marga, Unang Sulaeman beberapa waktu lalu.

Kata Unang, Jalan By Pass ini bakal menjadi wisata religi karena Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep dibawah nahkoda Bupati Amrullah dan Wakil Bupati Andi Muhammad Lutfi kini sedang merangcang pembangunan masjid raya kabupaten di sudut kiri Jalan By Pass ini.

Lanjutan pembangunan By Pass tersebut pada tahun 2020 ini, lanjut Unang, sepanjang 500 meter dengan total anggaran sebesar Rp 8.9 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Untuk tahap ini anggarannya sebesar Rp 8.957.275.000 dengan panjang 500 Meter,” jelasnya.

Bertambahnya total panjang jalan By Pass kini menjadi 2.420 Meter. Unang berharap agar proyek pembangunan By Pass dengan penyedia jasa PT. Riski Ilham Bersausara (RIB) segera rampung.

“Kontraknya Mei-November atau 180 hari pas 6 bulan masa kerja,” katanya.

Unang membeberkan, pembangunan Jalan By Pass ini memiliki lebar 20 meter dengan kontruksi tanggul penahan pipa beton, cerucuk oper toping atau penahan gelombang disisi luar laut, sisi dalam talud atau tembok penahan.

“Sebenarnya tahun ini kalau anggaran tidak dipangkas targetnya sampai titik Desa Pasir Putih jalan yang sudah teraspal,” tutupnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *