IZI Sultra Beri Bantuan ke Lapak Penjahit Sepatu di Kota Kendari

Keterangan Gambar : Para Penjahit Sepatu di Pasar Panjang Kota Kendari (Foto: IST)

Potretsultra

KENDARI – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaksanakan program Keluarga Tangguh berbasis pemberdayaan ekonomi.

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan perekonomian para keluarga dhuafa di masa pandemi Covid-19 ini.

Sasaran program kali ini adalah para tukang SOL/Penjahit (sepatu, sendal dan tas) yang ada di wilayah Pasar Panjang, Jl. Sorumba, Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wua-wua, Kota Kendari. Dimana mereka telah menjalankan usaha tersebut selama bertahun-tahun dan menjadi mata pencaharian utama untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari.

La Ode Halisa (52 tahun) salah satu penerima manfaat yang sudah menjalankan usahanya tersebut  selama 12 tahun. Ia awalnya menjalankan jasa sol/menjahit sepatu tersebut di wilayah Pasar Baru. Namun setelah kondisi pasar sepi akhirnya ia harus pindah ke wilayah Pasar Panjang.

“Saya bekerja begini sudah lebih 10 tahun, mulai dari tahun 2009  di Pasar Baru waktu itu masih rame-ramenya, tapi setelah mulai sepi saya carimi tempat disini sampai sekarang,” ungkap La Ode Halisa, Selasa (14/9/2021).

Ia juga mengatakan, baru kali ini ia mendapatkan bantuan berbasis ekonomi yang diberikan kepada para penjahit sepatu. Ia pun berterima kasih Kepada IZI dan para Donatur atas bantuan yang telah diberikan. La Ode Halisa berharap semoga akan banyak lagi orang yang merasakan bantuan seperti ini terutama para tukang sol sepatu sepertinya.

“Saya bersyukur sekali bisa dapat bantuan seperti ini, sudah 10 tahun lebih saya menjahit sepatu baru kali ini saya dapat bantuan begini. Saya sangat berterima kasih kepada IZI dan para donaturnya yang sudah peduli dengan kondisi kami dan tempat usaha kami,” ucapnya.

“Semoga kedepan banyak lagi orang seperti saya yang bisa mendapatkan bantuan seperti ini,” sambungnya.

Kepala kantor Perwakilan IZI Sultra, Ramli menyampaikan bahwa bantuan lapak kali ini merupakan bantuan berbasi ekonomi pertama yang sasarannya adalah tukang sol Sepatu. Ia berharap, melalui bantuan ini para penjahit sepatu lebih semangat lagi dan memperbaiki kondisi ekonomi mereka kedepannya.

“Ini adalah bentuk upaya kami di IZI dalam membantu meningkatkan prekonomian masyarakat dhuafa dan upaya mempercepat proses pemulihan ekonomi masyarakat Sulawesi Tenggara di masa pandemi,” jelas Ramli.

Ramli juga menegaskan kepada penerima manfaat bahwa bantuan lapak ini adalah sumbernya dari dana Zakat, Infaq dan Sadaqah dari para Donatur IZI merupakan amanah dari para Donatur yang telah menitipkan Zakat, infaq dan Sadaqahnya melalui IZI dan disalurkan dalam bentuk program pemberdayaan ekonomi sebagaimana amanat zakat yang seharusnya tumbuh dan berkembang serta memberi manfaat yang berkepanjangan kepada para mustahik.

“Kami juga berharap disetiap akhir sholat Bapak/Ibu selalu mendoakan kami beserta para donatur semoga sehat selalu sehingga bisa terus membantu para keluarga dhuafa diluar sana. Wabilkhusus para tukang jahit sepatu yang hari ini belum kita bisa bantu,” tutupnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *