Hugua Desak Menhub RI dan Menteri PU Perhatikan Serius Konkep

Anggota DPR RI, Hugua Meninjau Pelabuhan Feri Langara - Kendari
Keterangan Gambar : Anggota DPR RI, Hugua Meninjau Pelabuhan Feri Langara - Kendari

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir. Hugua mendesak Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi agar melakukan perbaikan Pelabuhan Feri di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Desakan perbaikan Pelabuhan penyeberangan feri Langara – Kendari itu saat Hugua menyambangi Konkep beberapa waktu lalu. Saat menginjakan kaki di Pelabuhan Feri Langara, Hugua terkejut dengan kondisi pelabuhan yang sangat membutuhkan uluran tangan Pemerintah Pusat.

“Jadi saya minta sebagai Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara dari fraksi PDI Perjuangan meminta kepada Pak Menteri Perhubungan agar turun sekali-sekali daerah-daerah pemekaran. Ini fakta, coba lihat ini (Pelabuhan Feri Langara, red),” ujar Hugua dikutip dari uploadan video akun resmi Fanspage Facebook milik Ir Hugua, Jumat (11/6/2021) lalu.

Menurut Mantan Bupati Wakatobi dua periode itu, daerah-daerah yang belum lama dimekarkan tentu sangat membutuhkan sentuhan infrastruktur dari Pemerintah Pusat. Hugua berharap, Menhub dapat menjadikan persoalan-persoalan serius yang ada di wilayah daerah pemekaran agar dijadikan sebagai perhatian yang prioritas.

“Anda lihat Pak Menteri Perhubungan saya kira ini fakta bahwa memang sentuhan infrastruktur terutama di kabupaten-kabupaten pemekaran menjadi perhatian Pak Menteri,” tegasnya.

“Sekali lagi saya minta kepada Pak Menteri dan Pemerintah Pusat untuk menjadi perhatian serius. Karena ini menyangkut masalah ekonomi penduduk dan ekonomi Republik Indonesia,” tambah Hugua.

Anggota DPR RI, Hugua saat Memantau Ruas Jalan Nasional

Anggota DPR RI, Hugua saat Memantau Ruas Jalan Nasional

Selain mendesak Menhub RI, Hugua juga meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono agar segera menurunkan tim untuk membuatkan Jembatan Lamoluo yang telah hanyut akibat diterjang banjir besar saat itu.

“Oleh karena itu, saya selaku anggota DPR RI Dapil Sultra meminta kepada Menteri PU untuk turunkan tim segera mengakses untuk membuatkan jembatan,” ucapnya.

Lanjut Hugua, jembatan besi yang terhanyut itu merupakan ruas jalan yang statusnya adalah jalan provinsi, dan informasi yang berkembang bahwa ruas jalan tersebut sudah diberikan kewenangan ke pusat. Sehingga, ia kembali menegaskan agar Menteri PUPR segera menurunkan tim ke Konkep.

“Ini adalah ruas jalan utama distribusi bahan pokok untuk kepentingan penduduk di sejumlah kecamatan. Anda lihat tadi semua mobil-mobil lewat di jalur ini, dan anda bayangkan kalau ini terjadi banjir, pasti nggak bisa lewat sini lagi,” terangnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *