HMI Kendari: Munas Kadin di Sultra Jadi Spirit Kebangkitan Ekonomi Daerah

Keterangan Gambar : Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Ujang Hermawan (Foto: IST)

Potretsultra

KENDARI – Menjelang perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang akan diselenggarakan di Sulawesi Tenggara Kota Kendari mendapat perhatian dari Ketua Umum HMI Cabang Kendari.

Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Ujang Hermawan menilai bahwa Munas Kadin Indonesia ke-VIII di Sultra mampu menjadi spirit kebangkitan Ekonomi daerah.

“Munas Kadin Indonesia yang diselenggarakan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara adalah momentum spirit membangkitkan ekonomi skala daerah maupun nasional,” beber Ujang dalam keterangan persnya, Rabu (23/6/2021).

Ujang Hermawan menambahkan, asas manfaat dari diselenggarakannya Munas Kadin di Sultra adalah mampu memberi pendapatan anggaran daerah. Selain itu Munas Kadin mampu menopang kebangkitan ekonomi daerah saat pandemi.

Tak dapat dipungkiri, lanjut Ujang, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang cukup strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional di tengah pandemi Covid-19. Disisi lain para pelaku usaha ini juga menjadi sektor yang paling terpukul akibat wabah ini.

Sehingga begitu penting kehadiran Munas Kadin di Bumi Anoa karena UMKM dalam perekonomian daerah maupun nasional mencerminkan peran penting dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

“UMKM dapat menjadi garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi SDGs dengan penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan pada operasi bisnis untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Ujang menambahkan, Munas Kadin Indonesia adalah bukti bahwa Sultra memiliki daya tarik dari berbagai SDA yang ada dan merupakan momentum bagi pengusaha agar melihat potensi daerah Sulta.

“Munas Kadin Indonesia ini akan menjadi bukti bahwa Sultra memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah, nah hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat Sultra pada umumnya agar pengusaha-pengusaha yang hadir mampu melihat potensi daerah kita sehingga tertarik untuk berinvestasi dan membuka peluang-peluang bisnis agar masyarakat berdaya bersama”, tutupnya.

Laporan: Aden

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *