Gelar Aksi Keliling Konkep, Warga Diajak Bersatu Turun Lapangan Usir Tambang

Keterangan Gambar : Massa Aksi Saat Berorasi Keliling Konkep (Foto: Jubirman)

Potretsultra

KONKEP – Atas ulah perusahaan tambang yang kian hari makin ‘Nakal’, puluhan pemuda yang menamakan dirinya sebagai Rakyat Wawonii Menggugat (RWM) melakukan aksi konvoi keliling Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Rabu (10/7/2019).

Massa aksi tersebut mengajak seluruh warga Konkep untuk bersama-sama menolak adanya aktivitas perusahaan tambang PT Gema Kreasi Perdana (GKP) di wilayah Roko-Roko Raya Kecamatan Wawonik Tenggara.

Dalam orasinya, salah seorang massa aksi, Hendra Gama mengatakan, saat ini PT GKP telah memaksa masuk yang diduga dengan menyerobot lahan milik warga Desa Sukarela Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara.

Olehnya itu, Hendra mengajak seluruh warga Wawonii untuk bersatu menolak aktivitas pertambangan tersebut. “Saya yakin jika masyarakat Wawonii bersatu maka perusahaan pertambangan segera mengangkat kaki dari tanah Wawonii, olehnya itu saya mengajak seluruh masyarakat Wawonii untuk bersatu mengusir perusahaan pertambangan,” katanya.

Hendra menyesalkan adanya teriakan-teriakan penolakan yang hanya ada di Media Sosial. Tentu, kata dia, itu tidak bermanfaat sekali. Lebih baik katanya, turun ke lapangan dan bersama-sama mengusir secara langsung aktivitas PT GKP itu.

“Karena ini nyata-nyata PT GKP melanggar UU Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil,” tegasnya.

“Mari kita sama-sama mengusir perusahaan pertambangan, jangan jadi aktivis media sosial,” tambahnya.

Laporan: Jubirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *