Dulu Terisolir di Konkep, Kini Desa Wunse Jaya Optimis Jadi Juara

Keterangan Gambar : Bupati Konkep Amrullah Saat ke Desa Wunse Jaya

Potretsultra

KONKEP – Berhasil disulap, Desa Wunse Jaya yang terletak di Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kini terlihat indah dan memukau.

Desa yang kecil nan mungil berpenduduk sekira 50 Kepala Keluarga (KK) ini kini tertata rapi. Meski lokasinya cukup jauh hingga puluhan kilomter dari ibukota Konkep Langara dan diapit dua bukit, namun desa ini tetap unik dan menarik dipandang. Rumah-rumah warga dicat warna-warni sehingga memberi keindahan tersendiri.

Desa Wunse Jaya dipoles indah saat menghadapi lomba Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat provinsi Sultra 2019. Warga desa, pemerintah desa, dan pemerintah daerah Konkep secara intensif melakukan pembenahan-pembenahan untuk meraih kemenangan. Beberapa rumah warga yang tak layak huni direhab, dan kondisi desa mulai ditata baik.

Saat tim penilai lomba P2WKSS hadir ke Desa Wunse Jaya, Bupati Konkep Amrullah menceritakan awal dirinya ke desa tersebut pada tahun 2015 silam. Saat Amrullah bertugas sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konkep, ia mengunjungi desa Wunse Jaya yang masih terisolir dan masih tertinggal.

“Dulu, saya kesini (Desa Wunse Jaya, red) itu sama sekali belum ada jalan daratnya kami dulunya kesini pakai jonson ini desa dulunya desa terisolir sangat tertinggal,” ungkap Amrullah, Sabtu (9/11/2019).

Saat ini, lanjut Amrullah, desa tersebut telah mengalami perkembangan. Karena kini semua desa sudah bisa dilewati dengan jalur darat yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam.

Orang nomor satu di Pulau Wawonii itu juga mengatakan, saat ini Pemda Konkep sedang menjalankan program Beasiswa Wawonii Cerdas untuk bersekolah ke jenjang perguruan tinggi.

“Dengan adanya beasiswa dapat mewujudkan harapan harapan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang perguruan tinggi,” katanya.

“Alhamdullihah IPM kami yang tadinya di angka 17 sekarang diangka 13,” terangnya.

Kepada para tim penilai, Amrullah mengajak untuk sama-sama ikut mengentaskan daerah ini demi kesejahteraan masyarakat. “Semangat lomba ini adalah semangat merubah gaya hidup di Desa Wunse,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua PKK Desa Wunse Jaya Waode Sariyati sangat optimis desanya tampil sebagai pemenang di ajang lomba P2WKSS  tingkat Provinsi Sultra ini.

“Kami mau menang dalam lomba ini,  juara satu kami optimis,” ucapnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *