Diterjang Banjir, Satu Jembatan di Konkep Hanyut Terbawa Arus dan Sejumlah Rumah Warga Terendam

Keterangan Gambar : Tampak Kondisi Jembatan Lamoluo Konkep yang Terputus Total

KONAWE KEPULAUAN – Akibat hujan deras, jembatan besi di Lamoluo yang menjadi penghubung Kecamatan Wawonii Barat dan Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terputus total terbawa arus, Senin (24/2/2020).

Jembatan tersebut lokasinya berada di Jalan Poros Pelabuhan-Lampeapi, Desa Bukit Permai, Kecamatan Wawonii Barar yang hanyut sejauh 20 meter dari tempatnya semula. Hal ini disebabkan hujan deras yang mengguyur di wilayah itu sejak Pukul 02.00 Wita dini hari.

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang warga setempat, Egi. Menurutnya, jembatan yang merupakan akses utama warga menuju ke Langara Kecamatan Wawonii Barat itu terputus akibat banjir setelah hujan yang mengguyur lebih dari satu jam. Bahkan menurut pengkuan Egy bukan hanya jembatan yang terputus, beberapa rumah warga juga ikut terendam banjir.

“Puncaknya hujan sekitar pukul 03.00 Wita,” ujar Egy.

Mendengar informasi ini, Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi tidak tinggal diam saja. Orang nomor 2 di Konkep itu langsung bergerak cepat untuk membenahi fasilitas umum yang hanyut.

“Dalam dua hari kedepan, jembatan yang putus sudah tersambung kembali,” kata Andi Muhammad Lutfi.

BPBD Konkep saat ini, lanjut Andi Lutfi, sudah memproses anggaran darurat bencana untuk melakukan perbaikan beberapa fasilitas umum dan rumah-rumah warga yang rusak akibat banjir.

Andi Lurfi juga menambahkan, hingga kini data yang masuk baru jembatan Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, yang mengalami kerusakan parah. Sehingga jembatan tersebut sama sekali tidak bisa dilewati, baik dengan menggunakan kendaraan maupun warga. Padahal jembatan ini merupakan satu-satunya akses, dari Kecamatan Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan dan Wawonii Barat.

“Ini yang harus kita tuntaskan dalam waktu dua hari. Anggota semua sudah bergerak untuk membenahi kembali jembatan tersebut,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *