Desa Sinar Masolo di Konkep Hadirkan Lampu Jalan Bertenaga Surya

Keterangan Gambar : Tampak Salah Satu Lampu Jalan di Desa Sinar Masolo

KONKEP – Sejumlah desa di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tak lagi mengharapkan Perusahaan Listrik Negara untuk lampu jalan.

Pasalnya, desa-desa tersebut telah menghadirkan lampu jalan secara mandiri bertenaga surya. Sehingga pemakaiannya pun praktis, tidak dibebani dengan pembayaran bulanan rekening listrik.

Hal ini salah satunya dilakukan oleh Desa Sinar Masolo Kecamatan Wawonii Tenggara. Ada sebanyak 17 unit lampu jalan yang dihadirkan Pemerintah Desa Sinar Masolo untuk penerangan jalan di desa.

“Ada 17 unit lampu jalan yang kami hadirkan di desa,” ujar Pelaksana Kepala Desa Sinar Masolo, Sapril ST kepada Potretsultra.com, Sabtu Malam (12/10/2019).

Jenis lampu jalan yang digunakan Desa Sinar Masolo, lanjut Sapril, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sistem otomatis berkekuatan 30 Watt. Kata dia, anggaran yang digelontorkan untuk pengadaan lampu jalan tersebut menelan angka ratusan juta rupiah dengan menggunakan Dana Desa tahap I dan II.

“Anggaran yang dikeluarakan sebesar Rp 467.500.000, agar tahun ini untuk kegiaatan penerangan lampu jalan desa bisa tuntas sehingga tahun depan bisa konsentrasi di kegiatan lain,” terangnya.

Sapril berharap, jalan desa yang dibangunnya ini akan memberikan penerangan yang selama ini mengalami kegelapan di dalam desa. Khususnya di jalan lingkungan desa. Selain itu, tambahnya, hal ini dapat juga mengurangi kejahatan di dalam desa, karena dengan sudah tersambungnya jalan lingkar Kabupaten Konkep akan memudahkan masyarakat atau orang di luar desa berlalu lalang di Desa Sinar Masolo.

“Dengan adanya penerangan jalan di dalam desa, masyarakat tidak merasa resah atau takut untuk keluar berjalan kaki di lingkungan desa khususnya di malam hari. Apalagi ketika ada acara atau pesta di dalam desa yang belakangan ini sering terjadi keributan sekaligus bisa mengontrol anak-anak muda yang sering berkumpul nongkrong di pinggir jalan,” jelasnya.

Bukan hanya itu, ungkap Sapril, lampu jalan juga dapat memberikan kenyamanan bagi pembeli dan penjual dari luar desa ketika melakukan transaksi ekonomi di malam hari. Apalagi diketahui desa Sinar Masolo termasuk salah satu desa di Konkep yang merupakan penghasil cengkeh.

“Sehingga walaupun malam hari perputaran ekonomi masyarakat desa bisa tetap dilakukan,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *