Desa Benua Benua Jaya di Butur Jadi Tempat Berlabuhnya Kapal Sail Wonderful

Keterangan Gambar :

BURANGA – Desa Benua-Benua Jaya Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) kini dijadikan tempat berlabunya kapal Sail Wonderful dari manca negara.

Sesuai jadwal yang ditentukan oleh Pemda Butur, kunjungan Warga Negara Asing (WNA) sebagai peserta Sail Wonderful yaitu pada Tanggal 16 sampai 19 Agustus 2018. Ini bukan kali pertama Pemda Butur menerima tamu dari peserta Sail Winderful itu, namun hal ini sudah menjadi yang kedua yaitu pada tahun 2017 silam.

Menurut Kepala Desa Benua-Benua Jaya, Suharman, warganya telah melakukan berbagai persiapan dalam penyambutan tamu manca negara tersebut, salah satunya adalah kegiatab pembersihan lingkungan desa.

“Kami akan membersikan lingkungan serta melakukan kerja bakti massal melibatkan orang tua, anak muda dan anak-anak,” tutur Suharmab saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (09/08/2018)

Bukan hanya itu, lanjut Suharman, tetapi persiapan lain yang ikut direncanakan yaitu terkait keamanan tamu dari manca negara itu.

“Linmas kami akan fungsikan untuk berjaga-jaga agar tidak semua orang bisa masuk, hanya yang berkepentingan saja,” tegasnya.

Untuk kenyamanan tamu, tambah Suharman, tempat-tempat penjualan Saraba yang ada di Jembatan Benua-Benua Jaya agar tidak melakukan aktivitas karaoke di atas Pukul 22.00 Wita malam.

“Saya akan melakukan penyuratan kepada tempat-tempat penjualan Saraba agat tidak melakukan aktivitas karaoke di atas Jam 10 Malan demi kenyamanan Tamu,” tandasnya.

Kades Benua-Benua Jaya juga mengharapkan Pemda Butur melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk memberikan ruang kepada peserta Sail Wonderful walau hanya beberapa jam untuk berjalan-jalan ke rumah warga.

“Harapan kami peserta Sail Wonderful ini diberikan waktu untuk jalan-jalan ke rumah warga dan mungkin kami juga bisa menjelaskan terkait kebudayaan Bajo nantinya,” pungkasnya.

Laporan: Haslin
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *