Covid 19 Berdampak Sektor Ekonomi, Lanal Kendari Perkuat Ketahanan Pangan

Keterangan Gambar : Pelaksanaan Penanaman pohon dilahan Pertanian milik Spotmar Lanal Kendari di lapangan tembak Serka KKO Lambay, Kelurahaan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kamis (18/6/2020). (Foto: Ismed)

Potretsultra

KENDARI–  Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari beserta jajarannya menyelenggarakan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki dengan melakukan penanaman ribuan pohon Produktif . Pelaksanaan Penanaman pohon tersebut, dilaksankan dilahan Pertanian milik Spotmar Lanal Kendari yang bertempat di lapangan tembak Serka KKO Lambay, Kelurahaan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kamis (18/6/2020).

Penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan ditengah wabah virus Covid 19 yang berkepanjangan , Hal ini sesuai perintah Panglima Koarmada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, agar Lanal-lanal dibawah jajarannya mendukung Program Ketahanan Pangan Pemerintah.

Penanaman tersebut secara simbolis dipimpin, oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Makassar dalam Kunjungan kerjanya ke Lanal Kendari, Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas dan didampingi oleh Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

“Sebanyak kurang lebih dari 5000 (lima ribu) bibit hari ini kita tanam dilahan pertanian milik Spotmar Lanal Kendari seluas 2500 (dua ribu lima ratus) M2, tepatnya disamping lapangan tembak Serka KKO Lamba, yang terdiri dari, bibit pohon mangga, pisang, kelapa hybrida, rambutan, pala, durian, dan pohon singkong,” ungkap Pjs. Paspotmar Lanal Kendari, Kapten Laut (E) Steven Garszperz.

“Mengingat lokasi lahan pertanian dan jenis pohon yang berbuah dalam jangka waktu yang tidak lama, jenis-jenis pohon seperti ubi, pisang dan pepaya kami pilih sebagai pohon yang cocok untuk persediaan apabila terjadi kelangkaan pangan akibat pandemi Covid -19 saat ini,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Steven juga mengatakan bahwa, kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi prajurit Lanal Kendari maupun masyarakat sekitarnya agar mampu memanfaatkan lahan-lahan kosong yang berada di sekitarnya.

“Dengan penanaman berbagai jenis pohon perdana ini semoga dapat dikelola dengan baik oleh prajurit Lanal Kendari dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar desa Lalowaru,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan harapannya, kedepan semoga lahan kosong yang sudah di tanam tersebut dapat di panen dengan hasil yang memuaskan.

Ditempat yang sama, Camat Moramo Utara, Sartati Moke, ucapan terimakasih dengan apa yang sudah dilakukan penanaman pohon hari ini. Kami berharap hasilnya kedepan dinikmati oleh warga sekitar Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara. “Semoga hasilnya dapat dinikmati oleh warga sekitar,” ujarnya.

“Kedepanya kita kembangkan. Yang nantinya perkembangannya akan kami menunggu informasi dari Lanal Kendari mengenai keterlibatan masyarakat sekitar sini,” sambungnya.

Ikut hadir dalam kegiatan penanaman pohon, Kolonel Laut (P) Dedi Sugianto S.T.,M.T. (Asrena Danlantamal VI), Seluruh Perwira Staf Lanal Kendari, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Cabang 3 Korcab VI DJA II, Camat Moramo Utara dan Lurah Lalowaru.

Laporan La Ismeid

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *