Buruan Daftar, Beasiswa Wawonii Cerdas Kembali Dibuka

Keterangan Gambar : Ilustrasi

KONKEP – Kabar gembira bagi mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kini kembali datang.

Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelontorkan anggarannya untuk Beasiswa Wawonii Cerdas tahap II tahun 2019.

Ketua Panitia Beasiswa Wawonii Cerdas Zakaria Rasjid mengatakan, anggaran yang bakal digelontorkan oleh Pemda Konkep untuk program unggulan bidang peningkatan SDM ini sekitar Rp 2,8 Miliyar. “Anggaran yang disiapkan pada tahap II kurang lebih 2,8 Miliyar,” ujar Zakaria saat dikonfirmasi Potretsultra.com, Jumat (20/9/2019).

Olehnya itu, lanjut Zakaria, diharapkan kepada seluruh mahasiswa daerah asal Wawonii untuk mengupdate data pribadinya pada link beasiswawawoniicerdas.id. Kemudian para mahasiswa juga wajib mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran beasiswanya secara manual ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep yang beralamat di Jalan Poros Langara – Lampeapi KM 3 Kecamatan Wawonii Barat.

“Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map snelhekter,” terangnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep ini juga mengatakan, update data pelamar Beasiswa Wawonii Cerdas tahap II ini dimulai dari tanggal 18 September 2019 hingga 12 Oktober 2019. Sedangkan untuk pengumpulan berkas manualnya dimulai pada tanggal 1 Oktober dan berakhir pada 31 Oktober 2019.

“Verifikasi data dan konfirmasi ke perguruan tinggi akan dilakukan pada 1 sampai 16 November 2019, dan pencairan akan dilakukan pada akhir bulan November 2019,” jelasnya.

Sebelumnya, beredar foto di Media Sosial baik melalui WhatsApp maupun Facebook tentang pengumuman dibukanya pendaftran Beasiswa Wawonii Cerdas tahap II yang ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep Muhammad Yani dan Ketua Panitia Beasiswa Zakaria Rasjid.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep Muhammad Yani berharap, program Beasiswa Wawonii Cerdas tidak dibawa-bawa ke ranah politik. Karena menurutnya, sudah ada beberapa oknum yang mencoba menggulirkan isu beasiswa ini ke arah politik.

“Saya beraharap beasiswa ini jangan dipolitisisasi, sudah ada beberapa oknum yang menggiring ke politik, ini yang salah dan keliru, tidak benar begitu,” jelas Yani via selulernya.

Tujuan adanya program Beasiswa Wawonii Cerdas, lanjut Muhammad Yani, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dan meringankan beban orang tua dalam membiayai anaknya di jenjang perkuliahan. “Coba lihat Pak Bupati, beliau kan tidak pernah menggiring ini ke ranah politik,” tegasnya.

Muhammad Yani juga mengaku Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep selalu menjadi sasaran ‘tembak’ saat ada beberapa nama yang tidak lolos sebagai penerima beasiswa. Padahal tidak ada sedikit pun niatannya untuk melakukan tebang pilih dalam penetapan nama-nama yang lolos seleksi.

“Tidak ada niatan kita untuk tebang pilih, sepanjang dia memenuhi persyaratan, pasti kita loloskan,” pungkasnya.
Untuk diketahui, berikut ini berkas-berkas yang harus diserahkan oleh para pelamara Beasiswa Wawonii Cerdas tahap II secara manual.

1. Foto copy slip pembayaran semester genap TA 2018/2019 (disahkan)
2. Foto copy Kartu Rencana Studi (KRS) semester genap TA 2018/2019 (disahkan)
3. Foto copy Kartu Hasil Studi (KHS) semester genap TA 2018/2019 (disahkan)
4. Foto copy rekening Bank Sultra (aktif)
5. Surat pernyataan bermaterai (dapat diunduh pada aplikasi)

Laporan: Jubirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *