Bupati Konkep Launching Komunitas Peduli Wisata, Begini Harapan Kadis Kominfo

Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan (Foto: IST)

LANGARA – Enam Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) saat ini tengah berinovasi mendukung pengembangan wisata Pantai Kampa yang terletak di Kecamatan Wawonii Barat.

Program inovasi yang merupakan tugas dari Diklatpim II tahun 2018 di Provinsi Bali ini telah resmi dilaunching di Pantai Kampa, Selasa (06/11/2018) sebagai bentuk keseriusan dalam mengembangkan pariwisata Pantai Kampa secara terpadu.

Dalam sambutannya, Bupati Konkep, Amrullah menjadikan Pantai Kampa sebagai wisata unggulan yang akan diprioritaskan. Sehingga kata dia, hal ini penting dilakukan pengembangan wisata terpadu untuk menunjang kemajuan pariwisata Konkep.

“Keenam OPD tadi masing-masing melakukan inovasi seperti Dinas Kominfo yang inovasinya membentuk komunitas peduli wisata, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan wisata daerah kita,” ungkap Amrullah.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan mengatakan, usai dikukuhkan oleh orang nomor satunya Konkep itu komunitas peduli wisata mengagendakan Rapat Kerja (Raker) sebagai tindak lanjut dari pengukuhan.

“Selanjutnya kami akan mengadakan Raker komunitas untuk menentukan langkah-langkah atau program-program strategis yang akan dilakukan berupa rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang,” kata Jamhur.

Lanjut Jamhur, saat ini komunitas peduli wisata yang berjumlah 40 orang ini akan berfokus terlebih dahulu pada pengembangan wisata Pantai Kampa. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pengembangan objek wisata lain di Konkep.

“Selanjutnya, kita juga akan mempromosikan destinasi wisata lainnya, dimana kita mengetahui cukup banyak potensi wisata alam di Konkep,” jelasnya.

Mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep ini optimis komunitas peduli wisata yang dibentuknya akan berkontribusi positif dalam pengembangan kepariwisataan Bumi Kelapa itu. Namun, ia juga menyadari keterlibatan berbagai pihak sangat berpengaruh dalam memajukan pariwisata daerah.

“Tentu keterlibatan berbagai pihak akan memunculkan multi efek, dukungan Pemda dan seluruh elemen masyarakat dapat membawa kepariwisataan kita dapat mengejar ketertinggalan dan mengalami percepatan,” harapnya.

Laporan: Jubirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *