Blangko E-KTP Dukcapil Kota Kendari Mulai Kosong

Keterangan Gambar : Kepala Dukcapil Kota Kendari,H Halili (Foto:Sultan)

Potretsultra

KENDARI – Dinas  Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari saat ini kekurangan blangko pencetakan Kartu Tanda Penduduk  (KTP) Elekronik. Pasalnya, untuk tahun 2019 Dukcapil Kendari hanya menerima jatah 500 keping el-KTP dari Kementrian Dalam Negeri RI.

Kepala Dukcapil Kota Kendari Halili mengungkapkan, untuk saat ini ada 500 keping el KTP saja yang bisa digunakan untuk mencetak sekitar 400 lebih daftar tunggu atau Print ready Record (PRR). Kemudian sisanya diperuntukkan bagi penggantian KTP warga yang hilang atau rusak.

“Jadi sekarang untuk blanko pencetakan el KTP sudah kosong. Padahal warga sudah mulai melakukan perekaman tapi belum mendapatkan jatah cetak KTP,” ujar Halili di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019).

Sementara kata Halili, sebagai pengganti el KTP, Dukcapil memberikan surat keterangan sementara (Suket), dan sah ketika bersangkutan melakukan pengurusan baik tes CPNS maupun kebutuhan lainnya.

“Dukcapil saat ini tengah menyiapkan laporan pertanggungjawaban penggunaan blangko, dan kemudian kembali kami akan mengusul permintaan blangko ke pemerintah pusat,” katanya.

Lanjut Halili, pembatasan jatah blangko KTP Elektronik tidak hanya terjadi di wilayah Disdukcapil Kota Kendari. Namun terjadi 514 daerah di indonesia, ketika kosong blangko harus menunggu antrian berikutnya.

Laporan: Sultan

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *