Begini Alasan Anies Baswedan Dideklarasikan Maju Pilpres

La Ode Basir (Kanan Kedua) (Foto: IST)
Keterangan Gambar : La Ode Basir (Kanan Kedua) (Foto: IST)

Potretsultra

JAKARTA – Para aktivis dan pegiat demokrasi yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden RI periode 2019-2024, Jumat (06/07/2018).

Menurut Koordinator ANIES, Laode Basir dalan siaran persnya, figur Anies Baswedan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dianggap sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia.

“Dia muda, pandai, jujur, kompeten, dan memiliki visi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia. Anies diharapkan mampu mengangkat martabat Indonesia di forum internasional,” kata Laode Basir dalam acara Deklarasi Anies for President di Gedung Juang, Jakarta Pusat.

Putra Buton Selatan ini menyebut, ide mengajukan Anies untuk bertarung di Pilpres 2019 merupakan aspirasi yang ditangkapnya dari kunjungannya ke berbagai daerah. Masyarakat di berbagai daerah menginginkan Anies maju dalam kontestasi Pilpres 2019.

“Mereka memandang Indonesia perlu sosok pemimpin muda yang berani, jujur, dan kompeten,” jelasnya.

Sosok pemimpin muda, lanjut Laode Basir, banyak mewarnai kepemimpinan dunia dewasa ini, seperti PM Perancis Emmanuel Macron, PM Kanada  Justin Trudeau, PM Estonia Juri Ratas, PM Yunani Alexis Tsipras, PM Polandia Andrezj Duda, Presiden Georgia Giorgi Margvelasvii, PM Tunisia Youssef Chahed, dan beberapa lainnya.

“Mereka menjadi pemimpin di negaranya dalam usia di bawah 50 tahun,” terangnya.

Selain itu, imbuh Basir, Anies juga memiliki prestasi yang diakui global. Tahun 2008 majalah Foreign Policy, AS memasukan nama Anies Baswedan dalam 20 Tokoh Intelektual Dunia.

“Nama Anies disejajarkan dengan tokoh perdamaian Noam Chomsky, dan para penerima penghargaan Nobel, seperti Shirin Ebadi, Al Gore, Muhammad Yunus, dan Amartya Sen, serta Vaclav Havel, filsuf, negarawan, sastrawan, dan ikon demokrasi dari Ceko,” ungkapnya.

Pada sisi lain, tambah Basir, Anies yang saat ini menjadi Gubernur Gubernur DKI Jakarta, telah menunjukkan komintmennya dalam menuntaskan janjinya saat kampanye sebagai Gubernur DKI. Seperti dimulainya pembangunan rumah DP 0 rupiah, janji soal reklamasi, janji soal alexis.

“Dan hebatnya lagi serta patut dicontoh adalah tentang reklamasi dan alexis dilakukan dengan cara-cara cerdas dan bermartabat,” tambahnya.

Dengan rekam jejak Anies seperti itu, lanjut Basir, Anies sangat layak diajukan untuk memimpin Indonesia.

Reporter: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *