Bapenda Sultra Bakal Luncurkan Aplikasi untuk Cek Pajak Kendaraan

Keterangan Gambar : Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sultra, Suharmin Arfad

Potretsultra

KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) membuat terobosan dan inovasi baru untuk mengecek pajak kendaraan bermotor.

Inovasi tersebut berupa aplikasi khusus bernama Info Pajak untuk memudahkan masyarakat mengetahui nilai pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

“Biasanya kan kalau mau mengetahui berapa pajak kendaran kita yang harus dibayarkan, kita harus ke Samsat. Tentu membutuhkan waktu dan akan mengantri di kantor Samsat, sehingga kami mengeluarkan inovasi baru melalui aplikasi Info Pajak ini,” ungkap Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sultra, Suharmin Arfad saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/3/2021).

Aplikasi Info Pajak ini, kata Suharmin, digunakan dengan cara memasukkan nomor Plat Kendaraan Anda pada kolom Pertama. Langkah kedua memasukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan bermotor anda. Setelah itu, langkah selanjutnya menekan Submit atau Enter.

Lebih lanjut Suharmin menjelaskan, inovasi baru berupa aplikasi Info Pajak ini merupakan hasil diskusi dan kerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra. Rencananya, aplikasi ini akan dilaunching secara resmi dalam waktu dekat.

“Kami sedang berkoordinasi dengan Bank Sultra untuk melaunching secara resmi aplikasi Info Pajak dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Saat ini, kata Suharmin, pihaknya sedang mengupayakan agar aplikasi Info Pajak ini kedepannya dapat diunduh melalui Playstore bagi para pengguna Handphone berbasis Android.

Suharmin berharap aplikasi ini dapat mengurangi jumlah penunggak wajib pajak kendaraan. “Sehingga kita bisa membantu Pemprov Sultra dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak kendaraan, baik kendaraan bermotor maupun kendaraan mobil,” harapnya.

“Mohon disosialisasikan kepada masyarakat Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

Laporan: Said

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *